Rabu, 08 Mei 2019

Gelar Prosesi Kerajaan, Raja Thailand Diarak Keliling Bangkok


Gelar Prosesi Kerajaan, Raja Thailand Diarak Keliling Bangkok
Raja Thailand. (REUTERS/Soe Zeya Tun)




Jakarta, CB -- Raja Maha Vajiralongkorn yang baru dimahkotai sebagai Raja Thailand memulai prosesi kerajaan di sekitar ibukota pada Minggu, (5/5). Perarakan ini dilakukan untuk mengunjungi kuil-kuil Buddha dan menyapa rakyatnya sebagai bagian dari upacara penobatan yang diadakan selama tiga hari.

"Panjang umur raja!" teriak simpatisan yang berjejer di jalan berjam-jam di bawah teriknya matahari Bangkok.

Mereka berharap untuk melihat sekilas raja konstitusional yang dihormati dalam budaya Thailand sebagai dewa yang hidup.


Raja Vajiralongkorn dibawa melalui jalan-jalan oleh 16 orang yang membawa tandu berlapis emas. Sang raja mengenakan jubah bersulam emas dan mengenakan topi hitam bergaya militer yang sama yang dikenakan ayahnya pada penobatannya 69 tahun lalu.


Tanduk kerang menandai parade, yang disertai oleh dua tentara kavaleri kuda, marching band militer dan penjaga kerajaan dalam campuran seragam Thailand kuno dan gaya modern Barat.

Penonton semua mengenakan kuning, warna yang terkait dengan raja, berkumpul dari pagi hari sepanjang 7 km dengan rute dari Grand Palace ke tiga kuil kerajaan.

Raja akan muncul di depan umum untuk pertama kalinya sejak dia dimahkotai. Dia akan memberi penghormatan kepada gambar utama Buddha masing-masing candi.

"Saya ingin melihat penobatan untuk sekali seumur hidup karena yang terakhir ketika itu terjadi, saya masih sangat muda," Samran Moryaidee, seorang pria berusia 77 tahun, mengatakan kepada Reuters ketika dia berdiri di tengah terik matahari.

Pemerintah Thailand, yang menghabiskan 1 miliar baht (US$31,4 juta) untuk upacara penobatan di akhir pekan, dengan prediksi kerumunan setidaknya 200.000 orang diperkirakan.

"Saya merasa harus berada di sini untuk menunjukkan kepada dunia betapa kita menyembah raja," kata Donnapha Kadbupha, seorang wanita berusia 34 tahun, yang datang delapan jam lebih awal untuk memastikan tempatnya di sepanjang rute prosesi.


Banyak yang membawa payung untuk melindungi diri dari sinar matahari yang membakar. Temperatur menunjukkan 37 derajat Celcius dengan kelembaban tinggi menempatkan indeks panas pada 44 derajat Celcius.

Pemerintah menyediakan bus gratis bagi orang-orang yang tinggal di luar Bangkok untuk menyaksikan tontonan itu, dan perjalanan bus dan kereta api ke lokasi itu gratis di ibukota. 




Credit  cnnindonesia.com