Jumat, 07 September 2018

China Dilaporkan Akan Latih Tentara Afghanistan


China Dilaporkan Akan Latih Tentara Afghanistan
Duta Besar Afghanistan untuk China, Janan Mosazai menyatakan, China akan memberikan pelatihan kepada tentara Afghanistan, untuk membantu Kabul dalam memerangi terorisme. Foto/Istimewa

BEIJING - Duta Besar Afghanistan untuk China, Janan Mosazai menyatakan, China akan memberikan pelatihan kepada tentara Afghanistan, untuk membantu Kabul dalam memerangi terorisme. Mosazai menyebut latihan itu akan digelar di wilayah China.

"Afghanistan juga telah meminta agar China mensuplai militer Afghanistan dengan helikopter tempur," kata Mosazai dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (6/9).

Mosazai kemudian menuturkan, pemerintah China telah berjanji kepada Afghanistan bahwa mereka akan dua pesawat angkut sayap tetap untuk tujuan evakuasi medis dan  awak pesawat sudah berlatih di China.

"Itu sudah ada di dalam jalur, dan kami berharap mereka akan dikirim ke Afghanistan, ke pasukan keamanan dan pertahanan nasional kami, segera. Kami telah meminta mereka untuk menyediakan kendaraan tempur, helikopter tempur, juga kemampuan udara dan pengintaian," sambungnya.

Dia mengatakan tanggapan China terhadap permintaan untuk helikopter itu positif, dan bahwa Kabul menginginkan Beijing untuk menyediakan kemampuan atau "bantuan hibah" sehingga Afghanistan dapat membeli peralatan-peralatan militer tersebut.

Sejauh ini, Kementerian Pertahanan China sendiri belum memberikan komentar apapun mengenai pernyataan yang dilontarkan oleh Mosazai tersebut. 





Credit  sindonews.com