Jumat, 28 September 2018

Perang Dagang, Trump Menolak Bertemu Trudeau



Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau bersama Presiden AS Donald Trump dalam KTT G7 di Quebec, Kanada, 8 Juni 2018. REUTERS/Christinne Muschi
Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau bersama Presiden AS Donald Trump dalam KTT G7 di Quebec, Kanada, 8 Juni 2018. REUTERS/Christinne Muschi

CBTEMPO.CO, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menolak bertemu langsung dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau terkait dengan perang dagang kedua negara.
"Kedua negara bertetangga di Amerika Utara itu berseteru soal tarif dagang. AS mengancam menaikkan tarif impor mobil dari Kanada," demikian ditulis Al Arabiya, Kamis, 27 September 2018.


Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Melania Trump menyambut kedatangan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau saat tiba di Gedung Putih, Washington, AS, 11 Oktober 2017. REUTERS
Menanggapi sikap Trump, juru bicara Trudeau, Eleanore Catenaro, berkata singkat, "Tidak ada permintaan pertemuan. Kami tak ingin berkomentar apa pun."
Dalam sebuah acara konferensi pers setelah berpidato dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, Trump menyatakan frustrasi terhadap sikap Kanada.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Melania Trump menyambut kedatangan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Gregoire Trudeau (kanan) saat tiba di Gedung Putih, Washington, AS, 11 Oktober 2017. REUTERS


"Tarif dagang yang dikenakan sangat tinggi. Dia tidak melihat apa yang kami inginkan. Jika tidak memenuhi keinginan kami, lupakan semuanya," kata Trump ditujukan kepada Trudeau.
Negosiasi mengenai tarif dagang kedua negara menemui jalan buntu setelah Kanada menerapkan tarif tinggi terhadap barang AS. Tarif tersebut terkait perusahaan obat dari AS yang masuk ke Kanada.




Credit  tempo.co