Jumat, 28 September 2018

Dituduh Netanyahu Punya Fasilitas Nuklir, Iran: Dunia akan Tertawa


Dituduh Netanyahu Punya Fasilitas Nuklir, Iran: Dunia akan Tertawa
Dituduh Netanyahu Punya Fasilitas Nuklir, Iran: Dunia akan Tertawa

TEHERAN - Pemerintah Iran membantah tuduhan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa Teheran memiliki fasilitas nuklir rahasia. Teheran menyatakan, tuduhan pemimpin rezim Zionis itu hanya akan membuat dunia tertawa.

"Dunia akan menertawakan pidato Netanyahu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qassemi, seperti dikutip Reuters, Jumat (28/9/2018).

Pemimpin Israel dalam pidatonya di Mejelis Umum PBB hari Kamis waktu New York City mengatakan Iran memiliki fasilitas rahasia di Teheran. Fasilitas itu digunakan untuk menyimpan peralatan dalam jumlah besar dari program senjata nuklir rahasia Iran.

Dalam paparannya, Netanyahu menunjukkan gambar yang dia klaim sebagai "rumah fasilitas nuklir rahasia Teheran".

"Apa yang saya katakan belum dibagikan sebelumnya. Hari ini, saya mengungkapkan untuk pertama kalinya bahwa Iran memiliki fasilitas rahasia lain di Teheran," katanya.

"Di distrik Shorabad di Teheran. Hari ini, saya mengungkapkan situs fasilitas kedua, gudang atom rahasia Iran di distrik Tuquzabad di Teheran, hanya tiga mil jauhnya," imbuh dia.

Qassemi merasa geli dengan klaim Netanyahu. "Dunia hanya akan tertawa keras pada jenis ucapan yang salah, tidak bermakna dan tidak perlu ini," katanya.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif juga menepis klaim Netanyahu. Dia menyebut paparan Netanyahu sebagai "pertunjukan seni".

"Tidak ada pertunjukan seni dan kerajinan yang akan mengaburkan bahwa Israel hanya rezim di kawasan kita dengan program senjata nuklir rahasia dan tidak dideklarasikan, termasuk arsenal atom yang sebenarnya," tulis Zarif di Twitter.

"Saatnya bagi Israel untuk mengaku dan membuka program senjata nuklir ilegalnya kepada inspektur internasional," imbuh dia. 





Credit  sindonews.com