Senin, 04 Juni 2018

Uni Eropa Siap Kucurkan Dana ke Mesir Rp 180 Triliun



Kepala Delagasi Uni Eropa untuk Mesir, Ivan Surkos [National Erasmus+ Office - Egypt/Facebook]
Kepala Delagasi Uni Eropa untuk Mesir, Ivan Surkos [National Erasmus+ Office - Egypt/Facebook]

CB, Jakarta - Eropa siap mengucurkan dana senilai US$ 12,9 miliar atau setara dengan Rp 180 triliun kepada Mesir. Menurut Uni Eropa, negeri piramida itu mitra dagang sangat penting di Mediterania Selatan.
Hal itu disampaikan kepala delegasi Uni Eropa untuk Mesir, Ivan Surkos, pada acara iftar, buka puasa bersama, di Kairo sebagaimana dilaporkan Daily News Egypt.


Uni Eropa Desak Mesir Akhiri Konfrontasi
"Kerja sama yang kuat antara Mesir dan Uni Eropa itu terlihat dari jumlah bantuan yang diberikan mencapai US$ 351 juta atau sekitar Rp 5 triliun dalam bentuk hibah," katanya seperti dikutip Middle East Monitor.
Surkos menjelaskan, Mesir dan Uni Eropa bersepakat melanjutkan kerja sama dalam berbagai bidang, termasuk urusan politik, hak asasi manusia, imigran dan pembangunan berkelanjutan sebagaimana disepakati tahun lalu hingga 2020.
Mengenai masalah keamanan, Surkos menguraikan, Uni Eropa mendukung langkah Mesir memberantas terorisme dan menekankan pentingnya pendekatan komprehensif yang membahas akar penyebab ekstrimisme.

Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi berbicara dalam acara malam natal koptik yang dipimpin paus Tawadros II di Gereja Ortodoks Koptik Alexandria dan Patriarkh Tahta St. Mark Cathedral, Kairo, 6 Januari 2016. REUTERS/Amr Abdallah Dalsh
Mesir saat ini sedang melakukan operasi militer besar ke kawasan Sinai untuk memberangus gerakan perlawanan bersenjata ISIS.

Sejak berkuasa lima tahun lalu, diawali dengan menggulingkan pemerintahan hasil pemilu demokratis, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi memerintah dengan tangan besi. Negara membiarkan pembunuhan tanpa melalui prosedur hukum, mengilangkan paksa orang dan menutup media yang kritis terhadap pemerintahannya.




Credit  tempo.co





Tidak ada komentar:

Posting Komentar