Rabu, 20 Juni 2018

AS Salahkan Israel atas Serangan Terhadap Basis Militer Suriah




AS Salahkan Israel atas Serangan Terhadap Basis Militer Suriah
Amerika Serikat (AS) menyebut serangan terhadap basis militer Suriah dan basis milisi pro-pemerintah Suriah dilakukan oleh Israel. Foto/Istimewa



WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menyebut serangan terhadap basis militer Suriah dan basis milisi pro-pemerintah Suriah dilakukan oleh Israel. Serangan itu terjadi pada akhir pekan lalu di wilayah Albu Kamal.

"Israel, bukan AS, bertanggung jawab atas serangan udara yang menewaskan puluhan orang dekat perbatasan Suriah-Irak," kata seorang sumber militer AS yang berbicara dalam kondisi anonim.

"Pentagon akan segera "keluar" untuk menyatakan secara terbuka bahwa mereka tidak terlibat dalam serangan itu," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (19/6).

Sebelumnya diwartakan, media pemerintah Suriah menyebut koalisi AS telah melakukan serangan terhadap basis pemerintah Suriah di bagian timur negara itu.

Dalam laporannya, media pemerintah Suriah menuturkan, serangan itu terjadi di daerah al-Harra, yang berada di tenggara Albu Kamal. Namun, mereka tidak memberikan rincian mengenai jumlah korban dalam serangan ini.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh kelompok milisi yang mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad. Kelompok milisi itu menyatakan koalisi pimpinan AS melakukan serangan itu dengan menggunakan sebuah drone.

Pusat komando koalisi kemudian menyatakan, tidak ada jet tempur koalisi pimpinan yang melakukan operasi militer di wilayah Deir ez-Zor, khususnya di wilayah Albu Kamal.

Bantahan serupa juga disampaikan oleh Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon.  "Itu bukan serangan koalisi AS," kata juru bicara Pentagon, Adrian Rankine-Galloway. 



Credit  sindonews.com