Kamis, 28 Juni 2018

Pesawat Bomber B-52 AS Bakal Dipasangi 'Ibu dari Semua Bom'

Pesawat Bomber B-52 AS Bakal Dipasangi Ibu dari Semua Bom
Pesawat pembom B-52 Stratofortress Amerika Serikat. Foto/US Air Force/REUTERS

WASHINGTON - Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) memodifikasi pesawat pembom (bomber) berat B-52 Stratofortress untuk membawa Massive Ordnance Air Blast (MOAB). MOAB lebih dikenal sebagai "ibu dari semua bom".

Bom non-nuklir paling kuat di gudang senjata AS itu memiliki nama resmi GBU-43/B MOAB. Senjata ini pernah jadi pemberitaan media internasional saat dijatuhkan di kamp teroris yang dikelola ISIS atau Daesh di wilayah Afghanistan pada 13 April 2017 lalu.

Angkatan Udara AS sedang mencari informasi mengenai sumber yang mungkin memiliki keahlian, kemampuan dan pengalaman untuk memenuhi persyaratan kualifikasi guna mengirim MOAB dengan pesawat B-52. Modifikasi itu tidak mudah, mengingat pesawat pembom itu merupakan salah satu peralatan militer tertua yang masih digunakan Pentagon.

Rencana AS itu muncul dalam dokumen Request For Information (RFI) tertanggal 21 Juni 2018.

Ketika "ibu dari semua bom" AS itu dijatuhkan pada tahun 2017, awak pesawat hanya melepaskan bom besar tersebut dari dudukannya di dalam pesawat kargo C-130. Selanjutnya, mereka membiarkan gravitasi dan pemandu satelit Global Positioning System melakukan sisa pekerjaan.

Menurut dokumen RFI, pesawat B-52 Stratofortress memiliki "keterbatasan" ketika digunakan untuk membawa senjata berat di bawah sayapnya. Untuk membawa amunisi yang lebih berat dari 5.000 pound, pesawat itu memerlukan modifikasi.

B-52 biasanya membawa sebagian besar senjata mereka di teluk senjata internal (internal weapons bay). Namun, panjang pintu hanya 28 kaki, sedangkan panjang MOAB mencapai 30 kaki.

"Ketika (tiang senjata eksternal saat ini) diperkenalkan, tidak ada persyaratan dan tidak ada orang yang memperkirakan perlunya membawa senjata yang lebih berat dari 5.000 pound," bunyi dokumen RFI, yang dilansir Sputnik, Rabu (27/6/2018).

"Tiang senjata eksternal baru perlu membawa banyak senjata di kelas 5.000 hingga 20.000 pound," lanjut dokumen dari pengadaan alat militer tersebut.

MOAB sejatinya memiliki pesaing, yakni senjata non-nuklir Rusia yang dijuluki "bapak dari semua bom" atau FOAB. Bom termobarik Moskow ini memiliki kekuatan sebesar 88.000 pon TNT, kira-kira empat kali dari kemampuan merusak MOAB.

Sekadar diketahui, B-52 juga bisa membawa senjata nuklir, yang ironisnya, jauh lebih kecil daripada berat MOAB. Meski demikian, kekuatan senjata nuklir ribuan kali lebih kuat dari MOAB. 




Credit  sindonews.com