Jumat, 29 Juni 2018

Mata-mata Inggris Terlibat Penyiksaan Ratusan Tersangka Militan



Mata-mata Inggris Terlibat Penyiksaan Ratusan Tersangka Militan
Agen mata-mata Inggris dilaporkan menyiksa ratusan tersangka militan. Foto/Ilustrasi/Istimewa

 

LONDON - Agen mata-mata Inggris terlibat dalam penganiayaan ratusan militan yang dicurigai oleh Amerika Serikat (AS). Mereka juga terlibat dalam lusinan kasus pemindahan ilegal para tersangka. Demikian temuan komite anggota parlemen Inggris.

Komite Intelijen dan Keamanan menghabiskan beberapa tahun menyelidiki tindakan-tindakan dari badan-badan keamanan dan intelijen Inggris dalam kaitannya dengan penanganan para tahanan di luar negeri setelah serangan 11 September 2001 di AS.

Panitia menemukan para perwira intelijen Inggris terlibat dalam insiden penganiayaan, mulai dari petugas yang menyaksikan penyiksaan secara langsung hingga menyerahkan data intelijen, mengetahui bahwa itu dapat digunakan dalam interogasi ilegal.

"Dalam pandangan kami Inggris menoleransi tindakan, dan mengambil yang lain, yang kami anggap tidak bisa dimaafkan," kata komite itu seperti dikutip dari Reuters, Jumat (29/6/2018).

Dikatakan bahwa "tak diragukan lagi" bahwa intelijen Inggris tahu pada tahap awal bahwa Amerika Serikat, sekutu keamanan terdekatnya, memperlakukan para tahanan dengan buruk.

Temuan ini akan menimbulkan pertanyaan baru tentang apakah pemerintah Inggris seharusnya mengambil pendekatan yang lebih independen dari Amerika Serikat setelah serangan 11 September.

Panitia tidak menemukan bukti bahwa para perwira intelijen Inggris secara langsung menganiaya atau menyiksa para tersangka militan.

Namun laporan itu mengatakan telah menemukan 232 kasus di mana personil Inggris terus memberikan pertanyaan atau intelijen kepada sekutu setelah mereka tahu tentang dugaan penganiayaan.

"Dalam 198 kasus, mereka menerima informasi intelijen yang diperoleh dari tahanan yang mereka tahu atau seharusnya dicurigai telah diperlakukan buruk," kata komite itu.

Komite parlemen Inggris juga menemukan 28 kasus di mana badan-badan intelijen menyarankan, merencanakan atau menyetujui operasi rendisi dan tiga diantaranya mereka menawarkan untuk memberikan kontribusi keuangan untuk melakukan operasi rendisi.

Setelah tahun 2001, para perwira intelijen Inggris dan anggota angkatan bersenjata mewawancarai hingga 3.000 tahanan terutama yang ditahan oleh Amerika Serikat di Afghanistan, Irak dan di fasilitas penahanan Teluk Guantanamo.

Komite mengambil 50 jam bukti lisan dan meninjau 40.000 dokumen. Komite menolak klaim badan-badan intelijen bahwa sejumlah penyiksaan adalah insiden terpisah dan mengkritik para pemimpin badan-badan intelijen karena gagal mengenali "pola penganiayaan".

Menanggapi laporan tersebut, seorang pejabat keamanan Inggris mengatakan agen mata-mata Inggris telah belajar pelajaran berat sejak serangan 11 September. 

"Hari ini, kami melakukan hal yang berbeda," kata pejabat itu, yang berbicara dengan syarat tidak disebutkan namanya, menambahkan bahwa agen mata-mata telah berada di bawah tekanan kuat dari para pemimpin politik mereka.

"Staf kami berada di bawah tekanan untuk memberikan informasi intelijen atas ancaman itu," kata pejabat itu.

"Permintaan langsung, untuk memberikan informasi intelijen untuk membela terhadap ancaman teroris, menjadi prioritas utama," imbuhnya.

Komite tidak menemukan "senapan merokok" yang menunjukkan kebijakan untuk sengaja mengabaikan perlakuan buruk, tetapi mengatakan petugas intelijen mungkin telah mengubah "mata yang buta."

"Lembaga-lembaga itu adalah mitra yunior dengan pengaruh terbatas, dan khawatir untuk tidak mengecewakan rekan-rekan AS mereka jika mereka kehilangan akses ke informasi intelijen dari tahanan yang mungkin penting dalam mencegah serangan terhadap Inggris," kata komite itu.

Perdana Menteri Theresa May mengatakan dalam tanggapan tertulis terhadap laporan bahwa para perwira intelijen telah bekerja di lingkungan yang menantang yang tidak mereka siapkan.

"Butuh waktu terlalu lama untuk mengenali bahwa bimbingan dan pelatihan untuk staf tidak memadai, dan terlalu lama untuk memahami sepenuhnya dan mengambil tindakan yang tepat terhadap risiko yang timbul dari keterlibatan kami dengan mitra internasional mengenai masalah tahanan," katanya.




Credit  sindonews.com