Selasa, 12 Juni 2018

Air China Pembawa Kim Jong Un Ternyata Pesawat PM Cina Li Keqiang


Air China. Staralliance.com
Air China. Staralliance.com

CB, Jakarta - Pesawat Air China Boeing 747 yang membawa pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, menuju Singapura pada Minggu adalah jet pribadi dari Perdana Menteri Cina, Li Keqiang, seperti dilaporkan Korea Herald mengutip Hong Kong Apple Daily, pada Senin 11 Juni 2018.

Moda transportasi yang biasa digunakan Kim adalah pesawat terbangnya sendiri, Chammae 1, tetapi Kim Jong Un meminta bantuan dari Cina karena alasan keamanan terkait kondisi jet-nya. Chammae 1 adalah Ilyushin Il-62 yang direkonstruksi, pesawat jet jarak jauh Soviet yang telah berhenti produksi pada 1995.

Meskipun pesawat jet jarak jauh Il-62 dapat terbang hingga 10.000 kilometer dan mampu menempuh jarak 4.600 kilometer antara Pyongyang dan Singapura, usia jet itu dapat menghalangi pemimpin Korea Utara untuk perjalanan luar negerinya selain Cina.
Kim Jong Un dikabarkan mendapat pinjaman pesawat oleh Presiden Cina Xi Jinping selama kunjungannya ke Dalian, China, pada Mei lalu. Dilaporkan sebelumnya oleh Korea Times, Cina menawarkan penerbangan untuk Kim Jong Un. Pesawat Air China tiba di Pyongyang pada Minggu pagi sebelum kembali ke Beijing dua jam setelahnya. Namun tiba-tiba rute berubah langsung ke Bandara Changi, Singapura.


Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, tiba di Bandara Internasional Changi, Singapura, Ahad, 10 Juni 2018. Kedatangan Kim untuk menghadiri pertemuan puncak dengan Presiden AS Donald Trump. Kementerian Komunikasi dan Informasi Singapura/AP
Empat pesawat Boeing yang digunakan oleh pemimpin politik Cina yakni B-2443, B-2445, B-2447, B-2472. Pesawat Xi Jinping adalah B-2472, sedangkan pesawat perdana menteri Li Keqiang adalah B-2447, sama dengan yang ditumpangi Kim Jong Un.

B-2447 adalah pesawat berusia 23 tahun yang berfungsi sebagai pembawa penumpang sipil ketika tidak digunakan oleh Li. Setiap kali hendak digunakan sebagai jet pribadi, interior pesawat dimodifikasi menjadi pesawat pribadi, lengkap dengan kantor, ruang tunggu dan kamar tidur. Namun tidak seperti US Air Force One milik Amerika Serikat, B-2447 tidak dilengkapi dengan sistem pertahanan.

Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong Un tiba di Singapura pada Minggu 10 Juni, menjelang pertemuan puncak yang dijadwalkan Selasa 12 Juni. Kim Jong Un tiba pada pukul 2:36 pm waktu setempat, sementara Donald Trump tiba melalui Air Force One pukul 8:22 pm waktu Singapura.



Credit  tempo.co