Selasa, 17 Oktober 2017

Jet Israel Tembaki Basis Militer Suriah


Jet Israel Tembaki Basis Militer Suriah
Militer Israel menyatakan mereka telah melakukan serangan terhadap basis pemeirntah Suriah dan menghancurkan senjata anti-pesawat milik Damaskus. Foto/Istimewa


TEL AVIV - Militer Israel menyatakan mereka telah melakukan serangan terhadap basis pemeirntah Suriah dan menghancurkan senjata anti-pesawat milik Damaskus. Tel Aviv menyebut ini adalah respon atas penembakan yang dilakukan militer Suriah terhadap jet Israel.

Dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Senin (16/10), militer Israel menyatakan jet tempur mereka ditembaki saat melakukan patroli rutin di wilayah udara Libanon.

"Angkatan Udara Israel telah menghancurkan sebuah senjata anti-pesawat terbang di sebelah timur ibukota Suriah, Damaskus, setelah melakukan penembakan dari wilayah negara tersebut," kata militer Israel.

"Langkah tersebut dilakukan setelah jet-jet Israel dijadikan target dengan sebuah rudal dari wilayah Suriah, sementara jet tempur tersebut berada dalam misi pengintaian rutin di Libanon. Tidak ada orang yang terluka dalam insiden tersebut, pesawat tersebut kembali dengan selamat," sambungnya.

Militer Israel dengan tegas menyebut pemerintah Suriah bertanggung jawab atas kejadian tersebut, meski mereka tidak bisa memberikan bukti kongkrit untuk mendukung klaim tersebut.

"Militer Israel mempertahankan kemampuannya untuk menggagalkan setiap ancaman terhadap warga sipil Israel," ungkapnya.

Menurut salah satu kepala layanan pers militer Israel, pihaknya memberi tahu Rusia tentang serangan udara terhadap senjata anti pesawat milik militer Suriah. "Rusia diberitahu secara "real time", atau mungkin sesaat sebelum [serangan]," kata pejabat militer tersebut. Pejabat itu menambahkan pihaknya tidak bermaksud untuk mengacaukan situasi di Suriah. 






Credit  sindonews.com