Jumat, 27 Oktober 2017

Bos Pentagon Menyambangi Korsel di Tengah Ancaman Nuklir Korut



Bos Pentagon Menyambangi Korsel di Tengah Ancaman Nuklir Korut
Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis, menyambangi Korsel di tengah ancaman nuklir Korut. Foto/Istimewa



SEOUL - Bos Pentagon Jim Mattis tiba di Korea Selatan (Korsel) pada hari Jumat, (27/10/2017). Kedatangan Mattis untuk bertemu dengan pejabat pertahanan nasional dan komandan militer Amerika di garis depan dalam melawan program senjata nuklir Korea Utara (Korut).

Mattis menekankan dorongan pemerintahan Trump untuk solusi diplomatik terhadap masalah tersebut. Namun dia juga mengatakan bahwa AS siap untuk mengambil tindakan militer jika Korut tidak menghentikan pengembangan rudal yang bisa menyerang keseluruhan wilayah Amerika Serikat, yang berpotensi membawa hulu ledak nuklir.

Melakukan perjalanan keduanya sebagai sekretaris pertahanan untuk sekutu AS, Mattis akan bertemu dengan pejabat Korsel sebagai bagian dari konsultasi tahunan mengenai masalah pertahanan di semenanjung Korea. Dia akan bergabung di Seoul dengan ketua Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Joseph Dunford. Presiden Donald Trump dijadwalkan akan berkunjung ke kota itu bulan depan.

Trump telah menyatakan komitmennya untuk memecahkan masalah Korut, dengan menyatakan bahwa dia akan berhasil di tempat pendahulunya telah gagal. Pemerintahannya berusaha meningkatkan tekanan pada Pyongyang melalui sanksi Dewan Keamanan PBB dan upaya diplomatik lainnya. Namun Korut belum beranjak dari tujuan membangun gudang senjata penuh nuklir, termasuk rudal yang mampu menyerang daratan AS.

Jika Trump memenuhi janjinya untuk menghentikan Korut agar tidak mengancam AS dengan serangan nuklir, ada sesuatu yang harus diberikan - apakah ada serangan yang dinegosiasikan atas ambisi Korut atau AS menerima Korut sebagai negara nuklir.

Alternatif lainnya adalah tindakan militer AS untuk mencoba menetralkan atau menghilangkan aset nuklir Korut, sebuah langkah yang penuh dengan risiko untuk Korsel, Jepang dan AS sendiri.

Michael Swaine, seorang analis pertahanan Asia di Carnegie Endowment for International Peace, melihat sedikit kemungkinan Korut akan menyerah pada tekanan internasional dan melepaskan senjata nuklirnya.

"Saya hanya berpikir Amerika Serikat masih jauh dari mengatasi masalah ini di Korea Utara," kata Swaine dalam sebuah wawancara pekan lalu seperti dikutip dari Washington Post.

AS memiliki sekitar 28.500 tentara yang berbasis di Korsel dan telah mempertahankan kehadiran militer di sana sejak perang Korea berakhir pada tahun 1953.

Mattis bertemu dengan Menteri Pertahanan Korsel Song Young-moo awal pekan ini saat keduanya menghadiri sebuah konferensi para pemimpin pertahanan Asia Tenggara di Filipina. Song mengatakan kepada wartawan bahwa berperang dengan Korut harus dipandang sebagai upaya terakhir.

Di Filipina, 10 negara Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara mengumumkan "keprihatinan serius" mereka atas meningkatnya ketegangan di semenanjung Korea. Mereka mengutip uji coba dan peluncuran rudal balistik antar benua serta uji coba perangkat nuklir pada bulan September yang diklaim Korut adalah bom hidrogen. 

Mattis menunjuk pernyataan menteri ASEAN sebagai bukti konsensus yang luas di Asia bahwa Korut terisolasi dan melanggar norma-norma internasional.

Pejabat pemerintah AS selama beberapa dekade telah percaya diri namun secara keliru meramalkan kegagalan Korut.

Dua puluh tahun yang lalu, pendahulu Mattis, William Cohen mengatakan sistem komunis Pyongyang membusuk dan sekarat. Ia mengatakan hal itu saat mengintip ke Korut dari dalam zona demiliterisasi di perbatasan dua Korea. Pandangannya banyak dibagikan di Washington.

Seperti orang lain, Cohen meremehkan ketahanan dinasti penguasa Korut yang dimulai dengan Kim Il-sung. Kim Jong-un, penguasa saat ini, mengambil alih kendali negara tersebut sesaat setelah ayahnya, Kim Jong-Il, meninggal pada tahun 2011, dan telah mempercepat program nuklir dan rudal negara tersebut.





Credit  sindonews.com