Senin, 30 Oktober 2017

Tentara Suriah Tingkatkan Serangan ke Benteng Terakhir ISIS


Tentara Suriah Tingkatkan Serangan ke Benteng Terakhir ISIS
Tentara Suriah meningkatkan serangan ke basis ISIS di Deir al-Zor. Foto/Ilustrasi/Istimewa


DAMASKUS - Tentara Suriah meningkatkan pemboman ke daerah-daerah di kota Deir Zor yang masih dikuasai oleh ISIS, Minggu (29/10/2017). Tentara Suriah mendapat dukungan dari jet-jet Rusia dan milisi yang didukung Iran.

Mantan penduduk dan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan ada serangan udara berat di kota terbesar di Suriah timur saat pasukan tersebut menuju area Hay al Umal. Kota ini melingkupi beberapa wilayah yang tersisa yang dikuasai militan dimana diperkirakan 1.500 warga sipil terjebak didalamnya.

Tentara Suriah secara bertahap memperketat jerat di sekitar militan setelah membuka rute darat ke kota tersebut pada bulan September dengan bantuan serangan udara Rusia dan milisi yang didukung oleh Iran. Mereka memecah pengepungan yang telah berlangsung hampir tiga tahun.

"Situasi ini sangat memprihatinkan, ada keluarga di bawah reruntuhan dan yang lainnya yang melarikan diri tidak memiliki tempat berlindung," kata Sheikh Awad al Hajr, seorang pemimpin suku seperti dikutip dari Reuters, Senin (30/10/2017).

Ia mengacu pada penderitaan orang-orang yang tersisa di dalam kota dan di kota-kota, kota dan peternakan di jalur subur sepanjang sungai Efrat yang berbatasan dengan Irak.

Pertempuran dan serangan udara tanpa henti di provinsi Deir al-Zor, kubu terakhir ISIS, telah mendorong puluhan ribu warga sipil untuk melarikan diri, kata mantan penduduk dan pekerja bantuan.

Kerabat beberapa warga sipil dan tokoh oposisi Suriah menuduh tentara Rusia mengebom kapal dan perahu kecil yang membawa keluarga-keluarga yang melarikan diri dari tepi barat Sungai Eufrat. Namun Moskow membantah menargetkan warga sipil dalam operasi militernya di Suriah dan mengatakan bahwa pihaknya hanya menyentuh tempat persembunyian dan fasilitas militan.

Rusia telah menempatkan militernya di belakang kampanye tentara Suriah untuk mendapatkan kembali provinsi kaya minyak yang strategis yang telah menjadi fokus perang saudara Suriah yang lebih dari enam tahun. Mereka berlomba dengan pasukan yang didukung Amerika Serikat (AS) untuk merebut wilayah dari ISIS.

Sementara tentara Suriah tampaknya menghasilkan lebih banyak keuntungan di dalam kota Deir al-Zor, para militan melakukan serangan mendadak dalam 24 jam terakhir yang mendorong mundur milisi pro-pemerintah dan milisi yang didukung Iran dari Albu Kamal, pos perbatasan terakhir di Irak Suriah perbatasan masih di tangan militan.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia dan mantan penduduk mengatakan para militan merebut kembali kota-kota strategis al Qwaira dan Makhan pada hari Sabtu lalu dalam beberapa penyergapan mematikan yang menimbulkan korban berat pada milisi pro-pemerintah dan milisi Syiah Iran.

Serangan terakhir mendorong tentara ke kota Mayadeen, lebih jauh ke utara menyusuri sungai Efrat. 


"Negara Islam mampu mendorong kembali rezim tersebut dan milisi yang didukung Iran ke jantung kota Mayadeen," kata Amer Huweidi, seorang aktivis dari kota tersebut yang berhubungan dengan penduduk lokal dan penduduk.

Mayadeen adalah kota strategis yang menjadi basis militan setelah mereka diusir dari ibukota de facto Suriah mereka di kota Raqqa.

Koalisi yang dipimpin AS melawan ISIS sedang melakukan kampanye terpisah melawan kelompok tersebut di Deir al-Zor. Kampanye ini berfokus pada daerah-daerah di sebelah timur Sungai Eufrat yang membagi-bagi provinsi tersebut.

Koalisi tersebut mengamankan ladang minyak Omar, ladang minyak terbesar Suriah, pada bulan ini.



Credit  sindonews.com