Rabu, 08 Februari 2017

Jet Tempur RAF Cegat Pesawat Komersial Pakistan di Langit Inggris


 
Jet Tempur RAF Cegat Pesawat Komersial Pakistan di Langit Inggris
Pesawat jet tempur Typhoon Angkatan Udara Inggris (RAF) dilaporkan mencegat pesawat Pakistan International Airlines di wilayah udara Inggris, Selasa (7/2/2017) sore. Foto / BBC/ MOD
 
LONDON - Pesawat jet tempur Typhoon Angkatan Udara Inggris (RAF) mencegat pesawat penumpang Pakistan International Airlines (PIA) di wilayah udara atau langit Inggris, pada Selasa sore. Pesawat komersial Pakistan itu kemudian dikawal untuk mendarat di Bandara London Stansted.

Pesawat PIA PK757 tipe Boeing 747 dicegat pesawat jet tempur Inggris setelah ada laporan bahwa penumpang di pesawat Pakistan tersebut ada yang berbuat onar.

Pihak Kepolisian Essex, Inggris, menegaskan, pencegatan dan pengawalan pesawat Pakistan tersebut bukan karena dibajak dan bukan karena ada serangan teror.

“Sebuah pesawat dialihkan ke Bandara Stansted sekitar pukul 15.00 sore ini (kemarin), karena laporan dari penumpang yang mengganggu di kabin,” bunyi pernyataan Kepolisian Essex, seperti dikutip BBC, Selasa (7/2/2017) malam.

”Pesawat saat ini di bandara dan petugas sedang memeriksa,” lanjut pihak kepolisian. ”Tidak ada gangguan terhadap operasi yang sedang berlangsung di Bandara Stansted. Hal ini tidak diyakini karena situasi pembajakan atau adanya materi teror.”

Kementerian Pertahanan Inggris juga mengonfirmasi aksi pencegatan pesawat jet tempur Typhoon RAF. ”Reaksi cepat siaga pesawat Typhoon diluncurkan sore ini dari RAF Coningsby untuk mencegat pesawat sipil,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris.

”Pesawat itu dicegat dan aman dikawal ke Bandara Stansted,” imbuh kementerian tersebut. Sementara itu, pihak maskapai PIA belum bersedia memberikan komentar atas pencegatan pesawatnya oleh pesawat jet tempur Inggris.

Credit  sindonews.com