Jumat, 24 Februari 2017

Kapal Perang AS dengan Rudal Jelajah Sambangi Estonia

 
Kapal Perang AS dengan Rudal Jelajah Sambangi Estonia
Kapal perang AS, USS Hue City, yang dilengkapi dengan rudal jelajah. Foto / REUTERS / Shannon Stapleton
 
TALLINN - Kapal perang Amerika Serikat (AS) USS Hue City yang dilengkapi rudal jelajah telah memasuki kawasan pelabuhan di Tallinn, Estonia. Angkatan Laut AS mengklaim Kehadiran kapal perang tersebut untuk memperkuat hubungan kedua negara dan mempromosikan keamanan dan stabilitas kawasan Baltik.

“Kapal dengan rudal jelajah, USS Hue City (CG 66) tiba di Tallinn, Estonia, untuk kunjungan ke pelabuhan sesuai yang dijadwalkan untuk meningkatkan hubungan AS-Estonia sebagai dua negara yang bekerja sama untuk menjaga kawasan Baltik dan Eropa stabil, sejahtera dan aman,” kata pihak Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.

Angkatan Laut AS menyatakan bahwa kedua negara mencari peluang untuk meningkatkan hubungan persekutuan yang abadi. Estonia merupakan salah satu negara Baltik yang khawatir jadi target invasi Rusia.

”(Kapal) Hue City diharapkan akan menghabiskan waktu di Estonia untuk mendukung sekutu NATO kami,” kata komandan kapal USS Hue City, Kapten Dan Gillen.

“Sangat penting bagi kami akan terus memperkuat hubungan kerja dengan sekutu kami. Kunjungan ini juga menyediakan kesempatan bagi kru untuk keluar di kawasan Tallinn,” ujarnya.

Setelah kunjungan ini, kapal USS Hue City akan terus melakukan operasi keamanan maritim dan menjalankan kerjasama keamanan.

Sementara itu, juru bicara Angkatan Laut Estonia Karl Baumeister mengatakan kepada ERR yang dikutip Jumat (24/2/2017), bahwa kapal USS Hue City merupakan kapal Ticonderoga-class yang bertugas di Angkatan Laut AS sejak tahun 1991. Kapal ini memiliki panjang lebih dari 170 meter dan bisa membawa 400 awak.


Credit  sindonews.com