Jumat, 17 Februari 2017

Bom Bunuh Diri Meledak di Kuil Pakistan, 60 Orang Tewas


 
Bom Bunuh Diri Meledak di Kuil Pakistan, 60 Orang Tewas  
Saat serangan terjadi, ribuan jamaah, termasuk keluarga dengan anak-anak mereka tengah berkumpul di kuil untuk melakukan ritual Sufi dari Dhamai. (REUTERS/Mohsin Raza).
 
Jakarta, CB -- Sedikitnya 60 orang tewas dalam serangan bunuh diri di Lal Shahbaz Qalandar, sebuah kuil di Provinsi Sindh, Pakistan bagian selatan. Sementara, 250 orang lainnya dikabarkan mengalami luka-luka.

Seperti dilansir CNN, Kamis malam (16/2), Khadim Hussain Rind, Inspektur Jenderal Kepolisian Hyderabad bilang, afiliasi ISIS di Afghanistan dan Pakistan, yakni The Islamic State Khorasan mengklaim bertanggungjawab atas serang tersebut.

Kantor Berita Amaq yang juga berafiliasi dengan ISIS melaporkan bahwa serangan bom bunuh diri dilakukan oleh seorang pembom menggunakan rompi peledak.

Saat serangan terjadi, ribuan jamaah, termasuk keluarga dengan anak-anak mereka tengah berkumpul di kuil untuk melakukan ritual Sufi dari Dhamai. Kuil ini sendiri berumur lebih dari 800 tahun.

Perdana Menteri Nawaz Sharif menyebut serangan itu sebagai aksi brutal.

"Saya telah mengarahkan semua lembaga negara untuk memobilisasi semua sumber daya untuk penyelamatan, dan bantuan setelah serangan teror brutal ini pada kuil Lal Shahbaz Qalandar," kata Perdana Menteri dalam sebuah pernyataan resmi.

Juru bicara militer Pakistan menuding tindakan operasi serangan udara Afghanistan yang baru terjadi belakangan.




Credit  CNN Indonesia