Selasa, 05 Mei 2015

Rusia Segera Terima Simulator Senjata Mutakhir


Senjata pertahanan udara Pantsir S-1 (Foto: Sputnik)
Senjata pertahanan udara Pantsir S-1 (Foto: Sputnik)
MOSKOW  (CB) – Pemerintah Rusia dikabarkan akan menerima sebuah simulator senjata mutakhir pada akhir tahun ini. Hal itu diungkapkan melalui keterangan pers Kementerian Pertahanan Rusia.
Seperti dilansir Sputnik, Senin (4/5/2015), menurut Kementerian Pertahanan Rusia, pasukan pertahanan udara akan sangat berkembang keahliannya jika simulator senjata mutakhir ‘The Pantsir S-1’ telah diterima oleh Pemerintah Rusia.
Saat ini, simulator senjata mutakhir Pantsir S-1 masih dirancang oleh perusahaan produsennya, yakni Biro Desain Intrumen KBP. Perusahaan tersebut terkenal sebagai pengembang dan pembuat senjata presisi tinggi asal Rusia. Proses produksi simulator senjata Pantsir S-1 diprediksi selesai pada akhir 2015.
Senjata Pantsir S-1 merupakan sistem pertahanan udara yang hampir serupa dengan S-300 atau S-400 (pengembangan S-300). Namun, Pantsir S-1 diketahui memiliki spesifikasi sensor radar, dan meriam udara jarak dekat hingga menengah.
Pembuatan senjata Pantsir S-1 awalnya sudah terlaksana pada 1994-1995. Namun, ketika Rusia dilanda krisis ekonomi, proses produksi Pantsir S-1 akhirnya terhenti. Dengan dirancangnya kembali sebuah simulator senjata Pantsir S-1 untuk melatih keahlian penggunaan senjata pasukan pertahanan Rusia, nantinya diharapkan senjata pertahanan udara itu akan kembali diproduksi.


Credit  Okezone