Selasa, 05 Mei 2015

Kapal Perang Rusia Usir Kapal Swedia

Kapal perang Rusia. (Foto: The Independent)
Kapal perang Rusia. (Foto: The Independent)
MOSKOW  (CB)Rusia dituduh sengaja menggunakan kapal-kapal perangnya untuk mengganggu penyelesaian proyek pembangunan kabel listrik di bawah laut. Motifnya, karena kabel listrik bawah laut akan mengurangi ketergantungan energi dari negara-negara Baltik ke Moskow.
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Lithuania menyatakan kapal angkatan laut dari Armada Utara Rusia telah memasuki wilayah perairan sekitar proyek pembangunan kabel listrik bawah laut untuk keempat kalinya dalam satu bulan terakhir. Secara ilegal kapal Rusia memaksa kapal Swedia untuk mengubah arah.
Padahal, kapal milik Swedia itu sedang mengawasi pembangunan kabel bawah laut yang terbentang 400 kilometer (250 mil) dari Lituania ke Swedia. Tapi, kapal itu telah "diusir" dari pekerjaannya dalam insiden terpisah pada 29 Maret, 10 April, 24 April dan 30 April.
Pemerintah Lithuania mengeluh setiap kali insiden tersebut terjadi. Pada kesempatan terbaru ini, Kemlu Lithuania memanggil Duta Besar Rusia untuk menyampaikan protes.
Namun, Kemlu Lithuania mengatakan pengusiran itu diberikan tanpa penjelasan. Sedangkan media Lithuania melaporkan bahwa seorang komandan angkatan laut Rusia telah meminta kapal untuk menjauh dari daerah tersebut karena telah dipilih untuk "latihan militer".
"Untuk saat ini, kabel tidak ditutupi dengan pasir, dan kami memiliki kapal khusus berpatroli di lokasi untuk memperingatkan kapal-kapal lain tidak merusak dengan jaring atau jangkar," kata Menteri Luar Negeri Lithuania, Linas Linkevicius, kepada radio nasional Lithuania, Senin (4/5/2015).
"Namun, kapal kami telah berulang kali diusir oleh kapal militer Rusia,” sambungnya.



Credit  Okezone