Rabu, 06 Maret 2019

3 Fakta Kapal Selam Canggih India INS Kalvari


Kapal selam INS Kalvari dari India buatan Prancis. Zeenews/Twitter Indian Navy

Kapal selam INS Kalvari dari India buatan Prancis. Zeenews/Twitter Indian Navy


CBNew Delhi – Pemerintahan Perdana Menteri India, Narendra Modi, telah memerintahkan produksi kapal selam kelas Scorpene bernama INS Kalvari pada 2017. Modi menyebut ini merupakan sebagai proyek “Made in India” atau “Buat di India”, yang menjadi program pemerintah untuk meningkatkan pertahanan tanpa menggantungkan diri pada suplai senjata dari negara lain.

Baru-baru ini, seperti dilansir CNN, pemerintah Paksitan menyebut telah mencegat salah satu kapal selam India, yang mencoba masuk ke dalam wilayahnya. Pakistan juga menampilkan sejumlah gambar di permukaan laut dari kapal selam itu.

Berikut ini beberapa hal mengenai salah satu kapal selam INS Kalvari, yang diandalkan New Delhi, untuk memperkuat barisan pertahanannya seperti dilansir Economic Times:

  1. Mesin
Kapal selam ini bermesin diesel listrikdan dibuat oleh perusahaan Prancis DCNS. Kapal memiliki bobot sekitar 1.565 ton, yang namanya mengacu pada hewan predator di laut India.
 Kapal Selam INS Kalvari dari India buatan Prancis. Youtube
  1. Siluman

Kapal selam ini memiliki fitur siluman yang membuatnya sulit terdeteksi oleh kapal selam musuh. Ini karena konstruksinya dilengkapi dengan teknologi akustik sehingga aktivitas kapal tidak menghasilkan banyak bunyi. Bentuknya juga dibaut hydro-dynamic agar mudah bermanuver di dalam air. Kapal ini juga dilengkapi dengan rudal terpandu presisi, yang membuatnya berbahaya bagi kapal selam atau kapal laut musuh.

  1. Kecepatan
Kapal selam India ini memiliki kecepatan 20 knot dan dilengkapi dengan rudal SM-39 Exocet dan torpedo permukaan dan bawah laut. Kapal selam ini menjalani uji coba selama 120 hari sebelum mulai beroperasi. India memesan 6 kapal selam kelas scorpene dari Prancis. Kapal selam lama India berasal dari Rusia sebanyak 13 unit, yang mulai beroperasi pada 1967.



Credit  tempo.co