Senin, 04 Juni 2018

Dilantik, Pemimpin Catalonia Serukan Kemerdekaan dari Spanyol


Dilantik, Pemimpin Catalonia Serukan Kemerdekaan dari Spanyol
Pemimpin baru Catalonia, Quim Tora, dilantik pada hari ini, Sabtu (2/6). (Reuters/Hannibal Hanschke)


Jakarta, CB -- Pemimpin baru Catalonia, Quim Torra, dilantik pada hari ini, Sabtu (2/6). Ia langsung mendesak untuk bertemu dengan Presiden Pedro Sanchez dan menyerukan kemerdekaan dari Spanyol.

"Pemerintahan ini berkomitmen menuju negara independen dan membentuk republik," ujar Torra disambut teriakan pendukungnya, "Merdeka! Merdeka!"

Melanjutkan pernyataannya, Torra berkata, "Presiden Pedro Sanchez, mari bicara. Mari jawab pertanyaan ini, ambil risiko, Anda dan kami. Kita perlu duduk di meja yang sama dan bernegosiasi, pemerintah ke pemerintah."

Sanchez juga baru dilantik hanya beberapa jam sebelum Torra untuk menggantikan Mariano Rajoy yang digulingkan karena skandal korupsi.



Presiden dari partai sosialis ini memang mengaku ingin berbicara dengan pemerintah Catalonia, tapi menolak referendum kemerdekaan.

Sementara itu, Reuters melaporkan bahwa banyak pengamat meragukan kekuatan pemerintahan Sanchez karena partainya hanya memegang 84 dari 350 kursi anggota parlemen.

Sejumlah analis pun mulai mempertimbangkan kekuatan separatis Catalonia yang kian besar meski sudah dibungkam setelah referendum kemerdekaan tahun lalu.

Sejak Catalonia mendeklarasikan kemerdekaan sepihak melalui referendum pada Oktober lalu, pemerintah pusat Spanyol langsung mencabut hak otonomi dan mengambil alih pemerintahan daerah tersebut.

Carles Puigdemont selaku Presiden Catalonia dan pemimpin referendum kala itu lantas mengasingkan diri ke Jerman.

Madrid kemudian menggelar pemilihan umum untuk membentuk parlemen baru Catalonia. Dalam pemilu pada 21 Desember itu, partai separatis Catalonia kembali mendapatkan suara mayoritas dengan 135 kursi di parlemen.

Spanyol akhirnya mengakui kekuasaan Torra, tapi menolak meratifikasi anggota dewan yang dipilih sang pemimpin karena empat di antaranya menghadapi tuntutan di pengadilan terkait upaya makar.

Pada awal pekan ini, Torra pun menyerahkan daftar nama jajaran pemerintahannya yang baru tanpa menyertakan nama keempat pejabat itu. Akhirnya, Spanyol memberikan lampu hijau dan menyepakati pelantikan pada hari ini.







Credit  cnnindonesia.com







Tidak ada komentar:

Posting Komentar