Selasa, 12 Juni 2018

Demo Besar Anti-Cina di Vietnam, Beijing Minta Warganya Waspada



Ilustrasi demo/unjuk rasa. Toulousestreet.com
Ilustrasi demo/unjuk rasa. Toulousestreet.com

CB, Jakarta - Cina memperingatkan warganya di Vietnam agar waspada menyusul demo besar anti-Cina di negara itu membesar akhir-akhir ini.
Dalam beberapa hari terakhir pengunjuk rasa di Vietnam bentrok dengan polisi saat memprotes rencana pemerintah untuk menciptakan zona ekonomi baru bagi investasi asing yang telah memicu sentimen anti-Cina di negara itu.

Kedutaan Cina di Hanoi mengunggah pemberitahuan di situs resmi kedutaan berisi peringatan terkait maraknya aksi protes di negeri itu.
"Kedutaan Cina di Vietnam sangat memperhatikan perkembangan yang relevan dan mengingatkan warga Cina di Vietnam untuk memperhatikan keamanan saat bepergian," demikian isi dari peringatan tersebut, seperti dilansir Reuters pada 11 Juni 2018.

Peringatan dikeluarkan setelah lebih dari 100 pengunjuk rasa ditangkap dan puluhan polisi terluka dalam unjuk rasa di Vietnam tengah pada Ahad, 10 Juni 2018. Demonstrasi yang berlansung di hampir seluruh Vietnam itu dilakukan untuk menentang zona ekonomi khusus yang ditakutkan akan didominasi oleh investor Cina.
Menanggapi demo yang menyuarakan sentimen pada Cina, Majelis Nasional Vietnam pada Senin, 11 Juni 2018 setuju untuk menunda pemungutan suara terkait rancangan undang-undang baru yang akan memungkinkan investor asing untuk menyewa tanah hingga 99 tahun. Selain itu, Vietnam akan memberikan insentif yang lebih besar kepada investor asing dan mengurangi berbagai pembatasan.



Credit  tempo.co