Jumat, 18 Mei 2018

Trump Salahkan Cina atas Ancaman Korea Utara Batalkan KTT


Payung Presiden AS Donald Trump terbalik oleh hembusan angin saat tiba dengan pesawat Air Force One sdi Pangkalan Angkatan Udara Andrews, Md.,  28 April 2018. Angin kencang merusak payung yang digunakan Trump. AP/Pablo Martinez Monsivais
Payung Presiden AS Donald Trump terbalik oleh hembusan angin saat tiba dengan pesawat Air Force One sdi Pangkalan Angkatan Udara Andrews, Md., 28 April 2018. Angin kencang merusak payung yang digunakan Trump. AP/Pablo Martinez Monsivais

CB, Jakarta - Presiden Donald Trump menyalahkan Cina atas ancaman Korea Utara membatalkan KTT Amerika Serikat - Korea Utara. Trump mengatakan, Presiden Cina, Xi Jinping bisa jadi telah mempengaruhi pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

"Jika Anda ingat dua minggu lalu, tiba-tiba entah dari mana, Kim Jong Un pergi ke Cina untuk bertemu keduakalinya dengan Presiden Xi. Bisa jadi dia mempengaruhi Kim Jong Un,” kata Trump, Kamis, 17 Mei 2018.
PTrump dijadwalkan bertemu Kim Jong Un di Singapura pada 12 Juni untuk membahas denuklirisasi tetapi Korea Utara secara tak terduga mengatakan awal pekan ini mereka dapat menarik diri dari pertemuan itu.
Latihan militer AS-Korea Selatan, komentar yang dibuat oleh John Bolton, penasihat keamanan nasional Trump, dan tuntutan agar rezim komunis secara sepihak menyerahkan program nuklirnya disebut sebagai alasan ancaman pembatalan KTT oleh Kim Jong Un.
Pernyataan Trump datang sehari setelah Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi mendesak Amerika Serikat untuk tetap tenang dalam menghadapi Korea Utara.

Kim Jon Un mengunjungi Xi di kota pelabuhan Cina, Dalian, pada 8 Mei setelah kejutan kunjungan dua hari ke Beijing pada akhir Maret lalu. Cina merupakan sekutu terdekat Korea Utara dan dikabarkan khawatir akan terasing dari KTT Amerika Serikat-Korea Utara.





Credit  tempo.co





Tidak ada komentar:

Posting Komentar