Kamis, 31 Mei 2018

Indonesia-India Teken 15 Perjanjian Kerja Sama



Presiden Jokowi bersama Perdana Menteri India Shri Narendra Modi saat membuka Pameran layang-layang di Lapangan Monas, Jakarta, 30 Mei 2018. TEMPO/Subekti.
Presiden Jokowi bersama Perdana Menteri India Shri Narendra Modi saat membuka Pameran layang-layang di Lapangan Monas, Jakarta, 30 Mei 2018. TEMPO/Subekti.

CB, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri India Narendra Modi di Istana Merdeka pagi tadi, Rabu, 30 Mei 2018. Jokowi mengatakan India adalah mitra strategis Indonesia di bidang perekonomian.
Menurut Jokowi, India merupakan mitra dagang ekspor terbesar Indonesia di Asia Selatan dan Asia Tengah dengan nilai hampir US$ 15 miliar. "Wisatawan India juga meningkat tajam, naik 28 persen dengan jumlah hampir 500 ribu wisatawan di tahun 2017," katanya dalam konferensi pers bersama di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 30 Mei 2018.

Sementara itu, Modi menuturkan India dan Indonesia harus bekerja sama guna mewujudkan kesejahteraan bersama. Sebabnya India sepakat untuk mengadakan kerja sama di kawasan Indo Pasifik.
Selain itu, kata Modi, India ingin meningkatkan nilai perdagangan antara kedua negara menjadi US$ 50 miliar pada 2025 mendatang.
Dalam pertemuan itu, kedua negara menandatangani sejumlah nota kesepahaman. Total ada sembilan perjanjian kerja sama government to government (G to G) dan enam non G to G.
Berikut daftar MoU Indonesia dan India:
G to G:
1. Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik India mengenai Kerja Sama dalam Bidang Pertahanan
2. Kerangka Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik India tentang Kerja Sama Eksplorasi dan Penggunaan Antariksa untuk Tujuan Damai
3. Memorandum Saling Pengertian mengenai Kerja Sama Teknis di Sektor Perkeretaapian antara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Kementerian Perkeretaapian Republik India
4. Memorandum Saling Pengertian antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik India tentang Kerja Sama Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
5. Memorandum Saling Pengertian antara Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia dan Lal Bahadur Shastri National Academy of Administration Republik Indonesia mengenai Kerja Sama Teknik di Bidang Pengembangan Kapasitas Aparatur Sipil Negara
6. Memorandum Saling Pengertian antara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan Kementerian Luar Negeri Republik India Mengenai Dialog Kebijakan antara Pemerintah dan Interaksi antara Lembaga Kajian
7. Memorandum Saling Pengertian antara Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia dan Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga/Organisasi Pengawasan Standar Obat Pusat Republik India dalam Kerja Sama di Bidang Regulasi Produk Obat, Bahan Baku Obat, Produk Biologi dan Kosmetik
8. Pernyataan Kehendak Pembentukan Kerja Sama antar Provinsi Bali dan Uttarakhand
9. Memorandum Saling Pengertian antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga Republik India di Bidang Kesehatan.
Non G to G:
1. Nota Kesepahaman antara Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan International Institute of Information Technology, Bangalore.
2. Nota Kesepahaman antara Kamar Dagang Industri (Kadin) dan Confederation of Indian Industries (CII).
3. Nota Kesepahaman antara PT Pindad (Persero) dan Bhukanvala
4. Nota Kesepahaman anatar PT Kalbe Farma dan The Himalaya Drug Company
5. Perjanjian Kerja Sama Twinning Heritage Prambanan dan Taj Mahal
6. Nota Kesepahaman antara Museum Layang-layang dan Museum Ahmedabad India





Credit  tempo.co