Rabu, 30 Mei 2018

Pejabat Tinggi Korea Utara ke Amerika Serikat Temui Pompeo



Kim Yong Chol.[japantimes.jp]
Kim Yong Chol.[japantimes.jp]

CB, Jakarta - Seorang pejabat tinggi Korea Utara menuju ke New York, Amerika Serikat, pada Selasa 29 Mei, untuk melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, terkait rencana pertemuan Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, pada 12 Juni.
Trump mengkonfirmasi melalui twitter bahwa Kim Yong Chol, mantan kepala mata-mata dan penasihat terpercaya untuk pemimpin Korea Utara, sedang dalam perjalanan untuk membahas pertemuan tingkat tinggi yang akan menjadi sejarah diplomatik dua negara.

"Kami telah menempatkan tim yang hebat bersama untuk pembicaraan kami dengan Korea Utara," kata Trump di Twitter-nya pada Selasa, seperti dilaporkan dari Reuters, 30 Mei 2018.
“Rapat saat ini sedang berlangsung mengenai KTT dan lainnya. Kim Yong Chol, Wakil Ketua Partai Korea Utara, menuju ke New York. Untuk menanggapi jawaban saya, terima kasih! "
Kim Yong Chol, Wakil Ketua Komite Sentral Partai Buruh yang berkuasa dan mantan Kepala Badan Intelijen Militer Korea Utara, akan bertemu dengan Mike Pompeo akhir pekan ini, kata juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders.
"Amerika Serikat terus aktif mempersiapkan pertemuan puncak yang diharapkan Presiden Trump dengan pemimpin Kim Jong Un di Singapura," tambah Sanders.
Pembicaraan ini bertujuan untuk menentukan apakah Korea Utara siap membuat komitmen sepenuhnya terhadap penghapusan senjata nuklir, meskipun Pyongyang menyatakan tidak mau denuklirisasi secara sepihak.

Penasehat senior Gedung Putih, Ivanka Trump, dan Jenderal Kim Yong Chol, pimpinan delegasi Korea Utara, terlihat bersama saat acara penutupan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang, Korea Selatan, Ahad, 25 Februari 2018.
Gedung Putih menyatakan pembicaraan selama akhir pekan antara pejabat AS dan Korea Utara di zona demiliterisasi Korea Utara-Korea Selatan serta tim logistik di Singapura berjalan lancar.

Utusan senior Korea Utara diperkirakan tiba di Amerika Serikat pada Rabu 30 Mei, setelah bertemu dengan para pejabat Cina di Beijing.
Pembicaraan di New York akan membahas perencanaan KTT Donald Trump dan Kim Jong Un, yang dijadwalkan pada 12 Juni, menuju fase perencanaan yang lebih rinci.
Kim Yong Chol akan menjadi pejabat Korea Utara paling senior yang akan bertemu pejabat tinggi Amerika Serikat sejak Jo Myong Rok, seorang marsekal Korea Utara, yang bertemu Presiden Bill Clinton di Gedung Putih pada 2000 silam. Kim Yong Chol adalah orang mengkoordinasikan dua pertemuan Kim Jong Un dengan Mike Pompeo pada bulan April dan Mei.





Credit  tempo.co




Tidak ada komentar:

Posting Komentar