Rabu, 30 Mei 2018

Persiapan Bertemu Trump, Utusan Kim Jong-un Tiba di Singapura


Persiapan Bertemu Trump, Utusan Kim Jong-un Tiba di Singapura
Utusan Korut dilaporkan tiba di Singapura jelang pertemuan Trump-Kim. (Foto: The Presidential Blue House /Handout via REUTERS)



Jakarta, CB -- Kepala Staff Pemerintahan Korea Utara Kim Chang Song dilaporkan tiba di Singapura, Senin (28/5).

Kedatangannya mengindikasikan bahwa persiapan pertemuan puncak antara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump tetap berlanjut meski sempat dinyatakan batal.

Media Jepang NHK melaporkan Kim Chang Song bertolak ke Singapura melalu Beijing, China pada Senin (28/5) malam.



Kim Chang Song tak menjelaskan secara rinci tujuannya ke Singapura saat ditanyai wartawan di Bandara Internasional Beijing. Namun, berdasarkan rekaman Nippon Television Network, ia mengatakan pergi ke Singapura untuk "bermain".



Di hari yang sama, sekelompok pejabat AS termasuk wakil kepala staf Gedung Putih, Joe Hagin, juga terbang ke Singapura setelah sebelumnya mengunjungi Pangkalan Angkatan Udara Yokota di Jepang.

Dikutip Reuters, Gedung Putih mengatakan tim tersebut pergi ke negara itu untuk bertemu dengan pihak Korut.

Hal tersebut memperkuat indikasi bahwa pertemuan puncak AS-Korut yang semula dijadwalkan 12 Juni akan tetap berlangsung, meski Trump sempat membatalkannya pada pekan lalu melalui surat kepada Kim Jong-un.

Hanya berselang dua hari setelah pembatalan, Trump kembali mewacanakan pertemuannya dengan Kim Jong-un.



Meski begitu, hingga kini belum ada konfirmasi dan kepastian apakah pertemuan bersejarah itu akan tetap berlangsung 12 Juni mendatang.

Di tengah ketidakpastian, Kim Jong-un juga telah bertemu dengan Presiden Korsel Moon Jae-in pada akhir pekan lalu di desa Panmunjom untuk kedua kalinya. Dalam pertemuan mendadak itu, kedua pemimpin sepakat bahwa dialog Korut-AS mesti terlaksana.

Moon bahkan membuka kemungkinan bahwa dirinya akan turut hadir dalam pertemuan Trump dan Kim. Dia juga berencana bertemu kembali dengan Kim sebelum melangsungkan pertemuan AS-Korut.





Credit  cnnindonesia.com