Jumat, 25 Mei 2018

IAEA: Iran Patuhi Kesepakatan Nuklir Internasional




IAEA: Iran Patuhi Kesepakatan Nuklir Internasional
IAEA menyatakan Iran telah mematuhi perjanjian nuklir internasional. Foto/Istimewa



WINA - Iran terus mematuhi ketentuan perjanjian nuklirnya dengan kekuatan dunia meskipun Amerika Serikat (AS) telah menarik diri. Meski begitu, Negeri Mullah itu dianggap bisa lebih cepat dan lebih proaktif dalam memungkinkan inspeksi sekejap.

Demikian penilaian yang diberikan oleh badan pengawas nuklir PBB yang mengawasi pelaksanaan dari perjanjian itu.

Dalam laporannya yang pertama sejak Presiden AS Donald Trump mengumumkan penarikan Washington pada 8 Mei, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan Iran tetap dalam batas pada tingkat memperkaya uranium, stok uranium yang diperkaya dan item lainnya.

Namun IAEA tampaknya menegur Iran karena menyeret kakinya pada apa yang disebut "akses tambahan" inspeksi di bawah Protokol Tambahan agensi, yang diterapkan Iran di bawah kesepakatan itu. Inspeksi seperti itu sering dilakukan dalam waktu singkat.

IAEA mengatakan Protokol Tambahan untuk semua situs dan lokasi di Iran perlu dikunjungi.

"Kerja sama yang tepat waktu dan proaktif oleh Iran dalam menyediakan akses tersebut akan memfasilitasi implementasi Protokol Tambahan dan meningkatkan kepercayaan," kata IAEA dalam laporannya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (25/5/2018).

Laporan itu datang bersama Prancis, Inggris, dan Jerman yang berebut untuk menyelamatkan penawaran inti dari bantuan sanksi dengan imbalan pembatasan aktivitas nuklir Teheran. Trump menerapkan kembali sanksi AS terhadap Teheran, mengancam akan mengakhiri kesepakatan dan mendorong pembalasan dari Iran.

IAEA telah berulang kali membela kesepakatan tersebut, mengatakan bahwa IAEA menciptakan rezim verifikasi paling kuat di dunia.

Berbicara pada konferensi pers dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin di Saint Petersburg, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan laporan itu masuk ke arah yang benar dan menghibur.

Para diplomat yang mengikuti agensi itu mengatakan pemeriksaan bulan lalu turun ke jeruji kawat, tetapi seorang diplomat senior yang juga akrab dengan pekerjaan IAEA mengatakan pada hari Kamis bahwa laporan itu tidak membebani Iran.

“Tidak ada masalah. Itu hanya sebuah dorongan. IAEA ingin memastikan bahwa tidak akan ada masalah,” katanya, menambahkan bahwa tidak ada perubahan dalam perilaku Iran baik selama kuartal pertama 2018 atau sejak pengumuman Trump.

Trump melihat berbagai "kekurangan" dalam kesepakatan itu, termasuk bahwa banyak pembatasan-pembatasannya yang luntur dari waktu ke waktu dan bahwa itu tidak mengatasi program rudal balistik Iran atau perannya dalam konflik regional seperti perang di Suriah dan Yaman.

Beberapa perusahaan Barat seperti raksasa minyak Prancis Total telah mengatakan mereka mungkin harus berhenti dari Iran karena langkah AS. Pejabat senior dari negara-negara lain yang menandatangani perjanjian - Prancis, Inggris, Jerman, Rusia, Cina dan Iran - bertemu di Wina pada hari Jumat untuk membahas langkah selanjutnya. 


Pada pertemuan dengan ketua kebijakan luar negeri Uni Eropa di Brussels pekan lalu, menteri luar negeri Prancis, Inggris dan Jerman berjanji untuk mempertahankan kesepakatan dengan mencoba untuk menjaga minyak dan investasi Iran mengalir, tetapi mengakui bahwa mereka akan berjuang untuk memberikan jaminan yang dicari Tehran.

Pemimpin tertinggi Iran menetapkan serangkaian syarat bagi Iran untuk tetap dalam kesepakatan, termasuk bahwa bank-bank Eropa harus menjaga perdagangan dengan Republik Islam.






Credit  sindonews.com