Senin, 28 Mei 2018

Israel Bangun Pembatas di Perairan Utara Jalur Gaza



Israel bangun tembok pembatas

Israel bangun tembok pembatas
Foto: suarapalestina.com


Pembangunan pembatas itu sebenarnya sudah direncanakan usai perang di Gaza pada 2014.





CB, GAZA -- Pemerintah Israel membangun pembatas di sepanjang laut Jalur Gaza. Kementerian Pertahanan Israel mengatakan, hal tersebut dilakukan guna menghalau warga Palestina yang berusaha masuk ke Israel melalui jalur laut.

Seperti diwartakan Aljazirah, Senin (28/5), dinding pembatas yang didirikan itu terdiri dari pemecah gelombang yang diperkuat dengan kawat berduri. Pembangunan pembatas tersebut diperkirakan akan rampung pada akhir tahun ini.

"Pembatas akan menghalau penerobosan melalui jalur laut dan semakin meruntuhkan Hamas lebih jauh karena akan kehilangan kemampuan strategis lainnya," kata Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman.

Pembangunan pembatas itu sebenarnya sudah direncanakan setelah perang di Gaza pada 2014 lalu. Rencana itu mulai dikemukakan juga setelah ditemukannya pejuang Hamas yang masuk ke Israel melalui jalur laut.

Sementara, wilayah kantong pantai telah menjadi subyek blokade yang diberlakukan oleh Israel. Hal serupa juga dilakukan Mesir pada tingkat yang lebih rendah sejak 2007 ketika Hamas menguasai wilayah tersebut.

Blokade telah mempersulit nelayan Gaza untuk memancing di luar titik tertentu. Mereka dihalau oleh angkatan laut Israel. Hal tersebut kerap diberlakukan pada enam mil laut atau sekitar 11 kilometer. Kapal angkatan laut Israel juga tidak segan untuk menembaki kapal-kapal Palestina.





Credit  republika.co.id




Tidak ada komentar:

Posting Komentar