Kamis, 31 Mei 2018

Menlu AS Bertemu dengan Tangan Kanan Kim Jong-un


Menlu AS Bertemu dengan Tangan Kanan Kim Jong-un
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompe dan mantan kepala intelijen Korut Kim Yong-chol di New York. Foto/Istimewa


NEW YORK - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo akan bertemu dengan tangan kanan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, Kim Yong-chol di New York. Pertemuan ini untuk membicarakan persiapan konferensi tingkat tinggi (KTT) antara Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un.

Dialog antara kedua belah pihak dimulai dengan pertemuan makan malam yang diadakan di sebuah gedung apartemen dekat markas besar PBB pada pukul 07.00 malam waktu setempat, menjelang pembicaraan lebih lanjut untuk menyelesaikan perencanaan pertemuan puncak 12 Juni yang dirancang untuk mengakhiri kebuntuan nuklir yang dulu mengancam akan menjatuhkan semenanjung Korea kembali peperangan.

Mike Pompeo, yang tiba di tempat pertama, didampingi oleh Andrew Kim, kepala bidang Korea di CIA. Kim Yong-chol tiba beberapa menit kemudian dan juga ditemani oleh seorang pembantu.

Tidak ada pihak yang berbicara kepada pers jelang jamuan makan malam itu. Namun sebuah tweet Pompeo sebelum pertemuan tersebut secara khusus menggambarkan pertemuan Trump-Kim sebagai "potensi pertemuan puncak".

"Menantikan pertemuan dengan Kim Yong Chol di New York untuk mendiskusikan potensi KTT @Potus dengan Pemimpin Kim. Kami berkomitmen terhadap denuklirisasi menyeluruh Semenanjung Korea yang lengkap, dapat diverifikasi, dan dapat dibalikkan," tulis Pompeo seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (31/5/2018).

Utusan AS dan Korut juga telah bertemu di Panmunjom di zona demiliterisasi antara Korut dan Korea Selatan (Korsel). Selain itu tim pendahuluan AS telah berada di Singapura untuk membuat pengaturan logistik untuk pertemuan yang direncanakan dengan cepat.

"Sejauh ini pembacaan dari pertemuan ini positif dan kami akan terus bergerak maju dengan mereka," kata juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders, membenarkan rencana itu masih menunggu para pemimpin untuk bertemu di Singapura pada 12 Juni.

Tetapi dengan 13 hari tersisa, pembicaraan antara Jenderal Kim dan Pompeo, mantan kepala CIA yang memelopori putaran pertemuan tatap muka terbaru, tampaknya menegaskan bahwa proses mendapatkan dua pemimpin yang tak terduga ke meja sekarang berada di jalurnya.

"Seperti yang dikatakan presiden, jika itu terjadi, kita pasti akan siap," kata Sanders.

Awal bulan ini, Trump tiba-tiba tetapi hanya secara singkat, mengumumkan pembatalan KTT setelah Korut mengeluarkan teguran tajam dari apa yang dianggap sebagai bahasa yang mengancam bagi pihak AS. Pihak AS pun memperingatkan pembicaraan dapat ditunda jika Kim tidak serius tentang perlucutan senjata.

Namun KTT itu tampaknya semakin bergerak ke arah menjadi nyata, di tengah hiruk-pikuk kegiatan diplomatik internasional.
Pada hari Minggu, negosiator AS, yang dipimpin oleh duta besar Washington untuk Filipina Sung Kim mulai bertemu dengan rekan Korut mereka di desa gencatan senjata Panmunjom yang membagi dua Korea.

"Mereka berencana untuk mengadakan pertemuan tambahan minggu ini," kata Sanders.

Kim Yong-chol adalah pejabat senior Korut yang menginjakkan kakinya di tanah AS sejak Wakil Marsekal Jo Myong-rok bertemu dengan presiden Bill Clinton pada tahun 2000. 

Jenderal tersebut telah memainkan peran penting dalam putaran diplomasi baru-baru ini yang bertujuan untuk mengakhiri kebuntuan nuklir di semenanjung Korea.

Ia duduk di sebelah putri Trump, Ivanka, yang juga pembantu Gedung Putih, selama upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin di Korsel pada Februari lalu, peristiwa yang dilihat sebagai titik balik dalam krisis nuklir.

Ia juga menemani Kim Jong-un pada dua perjalanannya ke China untuk bertemu Presiden Xi Jinping, dan mengadakan pembicaraan dengan Pompeo ketika dia melakukan perjalanan ke Pyongyang.



Credit  sindonews.com