Rabu, 02 Maret 2016

Tujuh Tahun Lagi, Tentara AS Gunakan Laser Canggih Mematikan


Tujuh Tahun Lagi Tentara AS Gunakan Laser Canggih Mematikan
Tentara AS disiapkan menggunakan senjata laser canggih pada tahun 2023. | (DARPA)

WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) mengungkap bahwa tentara tempur mereka akan menggunakan senjata laser canggih mematikan pada 2023 atau tujuh tahun lagi.

Persiapan penggunaan senjat laser untuk militer pada tahun 2023 itu terungkap dalam dokumen yang dirilis militer AS baru-baru ini. Senjata-senjata canggih AS yang disiapkan menggunakan teknologi laser antara lain roket, artileri, mortir, drone dan rudal-cruise.


Mary J Miller, Asisten Deputi Sekretaris Angkatan Darat untuk Riset dan Teknologi, mengatakan kepada Komite Angkatan Bersenjata Parlemen AS bahwa kekuatan laser perlu sepenuhnya dipahami sebelum digunakan tentara AS.

Saya percaya kami sangat dekat, ketika ditanya tentang kemajuan penggunaan senjata laser, seperti dikutip Sputniknews, Rabu (2/3/3016).

Sebelum kami menawarkan kepada prajurit, operator di lapangan harus dapat memastikan bahwa laser akan berfungsi dengan benar,” ujarnya.

Dr David Walker, Asisten Deputi Sekretaris Angkatan Udara AS untuk Sains, Teknologi dan Rekayasa, mengatakan kepada Komite bahwa laser sudah bisa diterapkan dalam pesawat transport. Dia juga tidak menyangkal jika laser dikembangkan untuk pertahanan demi kemampuan ofensif.


”Saat kita mendapatkan output daya yang lebih besar dan manajemen termal yang lebih baik dari paket laser yang lebih kecil, kita akan membangun kekuatan mereka menjadi defensif dengan kemampuan ofensif juga,” ujar Walker.

Walker melanjutkan, Angkatan Udara telah bekerja dengan Komando Operasi Khusus untuk mengembangkan laser ofensif yang akan dipasang pada pesawat tempur AFSOC AC-130. Bagian dari teknologi itu, kata dia, termasuk balok-steering, power dan manajemen termal”.




Credit  Sindonews