Selasa, 22 Maret 2016

Anggap Pendudukan, Milisi Syiah Irak Minta Pasukan AS Hengkang


Anggap Pendudukan Milisi Syiah Irak Minta Pasukan AS Hengkang
Pengerahan pasukan AS di Irak ditentang milisi Syiah. | (Gunnery Sgt. Mark Oliva / Reuters)

BAGHDAD - Pasukan milisi Syiah di Irak menentang pengerahan banyak pasukan Amerika Serikat (AS) yang mereka sebut sebagai pendudukan. Mereka minta pasukan AS segera hengkang dari Irak.

Pentagon mengerahkan banyak pasukan AS ke Irak setelah seorang marinirnya tewas terkena serangan roket kelompok Islamic State (ISIS) pada Sabtu pekan lalu.

Militer AS membuat upaya baru yang mencurigakan untuk memulihkan kehadiran mereka di negeri ini dengan dalih memerangi ciptaan mereka sendiri, yaitu Daesh (ISIS),” kata kelompok milisi Asaib Ahl Al-Haq, seperti dikutip Reuters, Selasa (22/3/2016).

Jika Pemerintah AS tidak menarik pasukannya segera, kami akan berurusan dengan mereka sebagai pasukan pendudukan,” lanjut kelompok sayap militer Syiah Irak itu.

Penentangan pengerahan pasukan AS di Irak juga disuarakan kelompok Hizbullah Irak pada Senin kemarin. Kelompok itu menyerukan perlawanan terhadap pasukan Washington karena melakukan pendudukan di negara-negara regional.

  Pemerintah Irak di Baghdad sendiri secara resmi tidak pernah meminta bantuan pasukan asing dalam memerangi ISIS. Namun,  Pentagon pada hari Minggu nekat mengerahkan banyak pasukan AS ke Irak setelah seorang marinirnya tewas.

Sejumlah pasukan AS yang dikerahkan ke Irak akan bergabung dalam Marinir Expeditionary Unite (MEU) 26. Tapi, Pentagon merahasiakan jumlah pasukan AS yang dikerahkan ke Irak.



Credit  Sindonews