Kamis, 24 Maret 2016

Soal Ilegal Fishing di Natuna, Menlu Retno: Kita Tunggu Jawaban Tiongkok



Soal Ilegal Fishing di Natuna, Menlu Retno: Kita Tunggu Jawaban Tiongkok
Foto: Rina Atriana/detikcom

Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah bertemu kuasa usaha sementara Kedubes Tiongkok di Jakarta terkait kapal ilegal fishing negara adidaya itu yang memasuki perairan Natuna. Retno menyampaikan protes sekaligus menyerahkan nota diplomasi kepada kuasa usaha tersebut.

Retno menjelaskan, kini pihaknya tinggal menunggu jawaban dari pemerintah Tiongkok. Hal tersebut disampaikan Retno usai menggelar rapat dengan Menko Polhukam Luhut B Pandjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (24/3/2016).

"Senin (21/3) kemarin kita sudah memanggil kuasa usaha sementara Kedutaan Besar RRT di Jakarta. Kita telah menyampaikan protes disertai dengan nota diplomasi," ujar Retno.

Hadir pula dalam rapat yaitu Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Didit Herdiawan dan Sekjen Kementerian Pertahanan.

"Saat ini posisinya adalah kita menunggu klarifikasi dari Tiongkok mengenai hal-hal yang kita sampaikan. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama kita sudah mendapatkan klarifikasi dari mereka," jelas Retno.




Credit  detikNews