Kamis, 24 Maret 2016

Taiwan "Pamer" Pulau di LCS pada Media Asing


Inilah Pulau Taiping yang berada di Laut China Selatan (Foto: Bussines Insider)
Inilah Pulau Taiping yang berada di Laut China Selatan (Foto: Bussines Insider)


TAIPEI – Otoritas Taiwan mengajak pihak media asing ke pulau yang diklaim Taiwan sebagai wilayah kedaulatan mereka yang berada di perairan Laut China Selatan (LCS).
Pulau Taiping atau yang juga dikenal dengan nama Pulau Itu Aba berjarak 1.600 kilometer dari selatan Taiwan. Dilaporkan, China, Filipina dan Vietnam juga memberikan klaim terhadap pulau tersebut.
Namun, sebagaimana dilansir dari NHK, Kamis (24/3/2016) secara praktik, Taiwan mengontrol pulau tersebut. Negara pecahan China tersebut bahkan sudah membangun landasan udara yang digunakan untuk pesawat militer.
Pada Rabu 23 Maret, Otoritas Taiwan mengundang media asing ke pulau tersebut untuk pertama kalinya. Dikabarkan, puluhan jurnalis diterbangkan ke Pulau Taiping menggunakan pesawat transport militer.
Otoritas Taiwan juga memaparkan pada kunjungan yang berlangsung selama tiga jam itu. Para jurnalis diperlihatkan suasana pulau, sumber air dan fasilitas medis di sana. Para jurnalis ini juga dilaporkan mendengar kesaksian langsung mengenai kehidupan para penjaga pantai di sana.
Pada Januari 2016, Presiden Taiwan Ma Ying-jeou mengunjungi pulau di perairan sengketa tersebut untuk pertama kalinya. Pemerintah Amerika Serikat langsung menyebut kunjungan tersebut sangat tidak membantu penyelesaian sengketa di Laut China Selatan dengan damai.



Credit  Okezone