Rabu, 02 Maret 2016

AS Ancam Militerisasi China di Laut China Selatan Dapat Konsekuensi


AS Ancam Militerisasi China di Laut China Selatan Dapat Konsekuensi
Amerika mengancam China atas aksi militerisasi di Laut China Selatan. | (Reuters)

SAN FRANSISCO - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS); Ashton Carter, mengerluarkan peringatan bernada ancaman terhadap China. Menurutnya, militerisasi China di Laut China Selatan akan mendapatkan konsekuensi tertentu.

Militerisasi yang dimaksud Kepala Pentagon itu, salah satunya pengerahan sistem rudal canggih China di kawasan Laut China Selatan yang menjadi sengketa.
China tidak harus mengejar militerisasi di Laut China Selatan,kata Carter dalam sebuah di Commonwealth Club di San Francisco. 


Tindakan-tindakan khusus akan memiliki konsekuensi tertentu,” katanya lagi, seperti dikutip Reuters, Rabu (2/3/2016).


Carter tidak menjelaskan konsekuensi yang akan diterima China. Tapi, dia menekankan tekad militer AS untuk menjaga keamanan maritim di seluruh dunia, dan khususnya di wilayah Laut China Selatan. Wilayah sengketa itu merupakan wilayah 30 persen transit perdagangan dunia saban tahun.

Selain soal militerisasi di Laut China Selatan, Kepala Pentagon itu juga membidik Rusia dan China atas tindakannya dalam membatasi akses Internet. Spionase dan kejahatan cyber yang disponsori kedua negara juga disinggung Carter.

Dia mengklaim, AS sudah bertindak “lebih sehat” ketimbang Rusia dan China dalam melestarikan kebebasan internet.

Kami tidak menginginkan konflik dengan kedua negara, katanya. "Tapi kami juga tidak bisa membutakan diri untuk tujuan dan tindakan jelas mereka,” ujar Carter.


Credit  Sindonews