Senin, 16 Maret 2015

Rebut Mosul dari ISIS, Turki Latih Pejuang Sunni Irak


Pejuang Sunni Irak. (Ist)
Mosul, CB-Militer Turki telah mulai melatih pejuang Sunni Irak di kamp militer Irak. Tujuannya adalah untuk merebut kembali Mosul dari kelompok militan ISIS.

Menurut Gubernur Mosul Asil Nujaifi, seperti dikutip Worldbulletin, Minggu (15/3/2015), mengatakan para ahli militer Turki datang ke beberapa kamp militer Irak dan mulai memberikan pelatihan militer.

Pada pekan lalu, Pemerintah Daerah Kurdi di Irak utara mengumumkan setidaknya 16 ribu tentara Irak telah dilatih selama empat bulan terakhir guna merebut kembali kota Mosul yang dikuasai kelompok radikal ISIS.

"Kami menuntut Turki mengirim senjata kepada tentara kami melalui Perdana Menteri Irak Haider Al-Abadi dan Menteri Pertahanan Irak Khaled Al-Obeidi. Kami juga menyampaikan permintaan peralatan militer kepada Menteri Pertahanan Turki Ismet Yilmaz selama kunjungan resminya ke Irak," kata Nujaifi.

"Pemerintah Irak di Baghdad belum memberikan bantuan kepada para pejuang kami sejauh ini. Pemerintah pusat bertindak sangat lalai dalam masalah ini. Senjata dan peralatan baru diberikan kepada pasukan pemerintah Irak di pusat," lanjutnya.

Nujaifi menegaskan bahwa ia tidak bisa memberikan tanggal tertentu kapan operasi dilakukan. "Pemerintah Irak telah mencapai kesepakatan dengan pemerintah Turki mengenai pelatihan pasukan milisi Irak," pungkasnya.


Credit  Harianterbit.com