Senin, 30 Maret 2015

Cegah Agresi Rusia, AS Dituding Kerahkan 12 Jet Pencegat


Cegah Agresi Rusia AS Dituding Kerahkan 12 Jet Pencegat
AS dituding kerahkan 12 pesawat jet pencegat F-15C ke Eropa untuk mencegah agresi Rusia. | (Reuters)
MOSKOW  (CB) - Media Rusia menuding Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) di Florida mengerahkan 12 pesawat jet pencegat F-15C ke Eropa untuk mencegah agresi Rusia terhadap negara-negara NATO.

Selain itu, AS juga disebut mengirim 200 pilot ke Eropa untuk misi yang sama. Tudingan itu muncul dari laporan media Kremlin, Russia Today, yang dilansir Minggu malam (29/3/2015).

Belasan pesawat jet Eagle F-15C yang dikerahkan AS itu dilengkapi dengan radar canggih dan peralatan sniper yang mampu menembak target sesuai pelacakan visual.

Belasan pesawat jet pencegat itu dikirim ke Belanda dan Bulgaria.“Penyebaran (pesawat F-15C) adalah paket keamanan yang merupakan bagian dari ‘Operation Atlantic Resolve’, di mana pasukan AS sudah disebar untuk latihan di Eropa, yang diklaim Washington untuk melindungi anggota NATO di Eropa dari agresi Rusia,” tulis Russia Today.

Pihak Moskow melihat tindakan AS ini sebagai provokasi di tengah memanasnya krisis Ukraina. AS belum lama ini juga mengerahkan 14 pesawat jet F-16 dari pangkalan udara Aviano di Italia ke Estonia. Angkatan Udara AS di Florida merupakan garda pertama AS yang berkontribusi untuk operasi anti-Rusia di Eropa.

Pemerintah Barack Obama hingga kini belum mengkonfirmasi laporan tentang pengerahan belasan pesawat jet pencegat anti-agresi Rusia itu. Sedangkan Pemerintah Presiden Vladimir Putin juga belum merespons gerakan militer AS di Eropa tersebut.



Credit  SINDOnews