Selasa, 31 Maret 2015

Evakuasi WNI di Yaman, RI Kirim Pesawat TNI AU


Evakuasi WNI di Yaman, RI Kirim Pesawat TNI AU  
Terdapat total 4.159 orang WNI di Yaman yang akan dievakuasi jika situasi memungkinkan. (Ilustrasi/Antara Foto/Widodo S)
 
 
Jakarta, CB -- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, pemerintah berencana mengirimkan pesawat-pesawat TNI Angkatan Udara (AU) untuk mengevakuasi WNI yang berada di Yaman, menyusul ditetapkannya situasi yang semakin tidak kondusif di negara itu.

Retno menuturkan, sejauh ini sudah ada 148 WNI yang dievakuasi. Namun, karena perubahan situasi yang drastis, maka pihaknya memutuskan untuk mengaktifkan kembali proses evakuasi secara cepat.

"Dalam waktu satu dan dua hari ada deployment dari Jakarta untuk membantu persiapan evakuasi," ujar Retno di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (30/3).

Selain itu, Retno juga meminta para diplomat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang berkedudukan di Muscat, Oman, untuk menyebar ke Salalah, yang merupakan kota perbatasan antara Oman dan Yaman. Adapun diplomat yang berada di Jeddah, Arab Saudi, diminta untuk merapat ke Jizan, kota perbatasan antara Yaman dan Arab Saudi.


"Jadi rencana beberapa evakuasi sudah kita mempersiapkan semuanya. Kita rencana akan memakai pesawat TNI AU untuk menjemput para WNI kita yang akan dievakuasi, tapi utamanya pesawat itu yang akan mengeluarkan WNI keluar Yaman, setelah itu baru kita pulangkan ke Indonesia," kata dia.

Rencana evakuasi ini, tutur Retno, telah dipikirkan secara matang karena harus melibatkan banyak kementerian dan lembaga, termasuk dengan Panglima TNI Jenderal Moeldoko untuk mengurus pendistribusian pesawat.

Hal ini pun dibenarkan oleh Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno. "TNI AU sudah menyiapkan untuk membantu WNI yang akan keluar dari Yaman, yang mau keluar lho, karena ada beberapa juga yang masih nyaman dan ada yang melindungi mereka. Yang penting keluar dulu dari Yaman ke negara sebelah. Dari sana baru dikembalikan ke Indonesia," kata dia.

Permintaan Flight Clearance

Menteri Retno mengaku telah berkomunikasi dengan ketiga negara, Yaman, Oman, dan Arab Saudi untuk meminta flight clearance. Hal ini, menurut dia, agar dapat menjamin keamanan bagi WNI.

"Khusus untuk Saudi, kita juga sudah memberikan koordinat-koordinat di mana properti Indonesia ada, sehingga bisa terhindar dari serangan udara. Kita juga memberikan informasi mengenai konsentrasi warga negara kita," ujar dia.

Menurut Retno, WNI di Yaman terkonsentrasi di wilayah timur. "80 persen warga negara kita ada di Hadramaut, sementara di sebelah barat situasi lebih dinamis," kata dia.

Retno tidak menyangkal bahwa memang belum seluruh WNI dapat dievakuasi, karena dari komunikasi yang dilakukannya dengan ketiga negara tersebut diperoleh informasi bahwa ada beberapa tempat yang belum perlu dievakuasi mengingat situasi di sana yang masih tenang, terutama di sebelah timur.

"Tapi kita buka terus, karena KBRI kita tidak terlalu besar. Semua personel kita ada enam diplomat dan sembilan staf lokal. Kita sudah bikin tim deployment dari Indonesia untuk membantu, terutama kita mengerahkan diplomat-diplomat muda yang pernah penempatan di sana dan berbahasa Arab," ujar dia.

Retno menyimpulkan, "jadi semua personel yang akan kita deploy sudah kita persiapkan, sehingga pada saat deployment sudah tidak tanya kanan kiri, sudah tahu medan, sudah biasa dengan kondisi yang sangat dinamis dan juga bisa menguasai bahasa."

Sejauh ini Retno mengatakan bahwa sudah 148 WNI yang dievakuasi dari Yaman.

Terdapat total 4.159 orang WNI yang berada di Yaman. Jumlah itu terdiri dari 2.626 orang mahasiswa, 1.488 orang tenaga kerja profesional di perusahaan minyak dan gas, dan 45 orang staf KBRI beserta keluarganya.


Credit  CNN Indonesia


Delapan WNI Sudah Dibebaskan di Yaman


Delapan WNI Sudah Dibebaskan di Yaman  
Diperkirakan ada sekitar 21 WNI yang ditahan, diduga oleh kelompok pemberontak Houthi, di Yaman. (Ilustrasi/Reuters/Anees Manousr) 
 
 
Jakarta, CB -- Delapan dari puluhan warga negara Indonesia yang dikabarkan ditahan oleh pemberontak Houthi di Yaman dibebaskan dan akan ditampung di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sanaa.

"Dari 21 WNI yang ditangkap, lima yang berada di penjara di Shumayla sudah dibebaskan," ujar Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (30/3).

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuan Hukum Indonesia Kemlu, Lalu Muhamad Iqbal, lantas menjabarkan ihwal jumlah WNI yang ditangkap.

"Awalnya 23, lalu 2 sudah dibebaskan. Hari ini sudah lima dibebaskan. Saya baru dapat kabar lagi ada satu yang dibebaskan ini. Jadi, total hari ini enam. Total keseluruhan delapan," ucap Iqbal.

Menurut Retno, pemerintah dapat mendeteksi keberadaan WNI tersebut dengan mendatangi penjara satu demi satu.

"Pihak KBRI memang mengunjungi penjara satu persatu mencari WNI. Semua yang dibebaskan sekarang sedang dalam perjalanan ke KBRI," tutur Retno.

Dari informasi yang dihimpun oleh KBRI, kedelapan WNI tersebut ditahan karena masalah keimigrasian. Namun, menurut salah satu mahasiswa di Yaman, Muhammad Kholil, ada juga WNI yang sudah memiliki izin tetap ditahan.

Kholil menyebut bahwa para mahasiswa tersebut ditangkap oleh Kelompok Syiah Houthi karena perbedaan ideologi.

"Alasan yang paling dekat adalah ini penculikan atas dasar ideologi. Karena mereka Sunni, maka harus segera ditangkap. Saya tidak menafikan peperangan di Yaman ada unsur politiknya, tapi unsur ideologi sangatlah terlihat," kata Kholil.

Menanggapi pernyataan tersebut, pihak Kemlu belum bisa memastikan apa penyebab ditangkapnya WNI lain. "Yang jelas yang selama ini sudah dibebaskan itu ditangkap karena masalah keimigrasian. Mereka overstayer. Kalau informasi dari mahasiswa itu kami belum dengar. Kami dapat semua informasi dari pihak otoritas," ungkap Juru Bicara Kemlu, Arrmanatha Christiawan Nasir.

Menjelaskan lebih lanjut, Iqbal menekankan bahwa semua WNI ditahan di penjara yang dikuasai oleh pemerintah legal.

"Semua WNI itu ada di penjara. Sampai saat ini, semua penjara masih di bawah kekuasaan pemerintah Hadi (Presiden Yaman). Jadi, kita belum bisa memastikan mereka ditangkap oleh Houthi atau bukan," ujar Iqbal.

Hingga saat ini, Kemlu akan terus melakukan upaya pembebasan WNI yang ditahan. Kendati demikian, masih banyak kendala dalam melakukan upaya tersebut.

"Harus dibayangkan, suasana di sana itu mencekam. Ada banyak kelompok yang berseteru. Untuk bergerak dari satu penjara ke penjara lain itu juga sulit. Kami akan terus berusaha," tutur Iqbal.

Yaman semakin berkobar saat koalisi serangan udara di bawah komando Arab Saudi melancarkan serangan guna memukul mundur pemberontak Syiah Houthi yang mulai menguasai Aden, benteng terakhir Presiden Yaman, Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Saudi memulai serangan para Rabu (25/3) malam dan Hadi telah angkat kaki dari negaranya pada Kamis. Ia kini berada di Riyadh.



Credit  CNN Indonesia


 

Sudah 148 WNI Dievakuasi dari Yaman


Sudah 148 WNI Dievakuasi dari Yaman 
 Terdapat total 4.159 orang WNI di Yaman yang akan dievakuasi jika situasi memungkinkan. (CNNIndonesia/Resty Armenia)
 
Jakarta, CB -- Kondisi peperangan di Yaman memaksa pemerintah melakukan operasi evakuasi warga negara Indonesia di negara tersebut. Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, sejauh ini sudah 148 WNI yang dievakuasi dari Yaman.

"Sudah sejak 1 Maret sudah dilakukan evakuasi secara bertahap. Sampai sejauh ini sudah ada 148 WNI kami yang dievakuasi," ujar Retno di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (30/3).

Retno memaparkan, terdapat total 4.159 orang WNI yang berada di Yaman. Jumlah itu terdiri dari 2.626 orang mahasiswa, 1.488 orang tenaga kerja profesional di perusahaan minyak dan gas, dan 45 orang staf Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) beserta keluarganya.


Evakuasi dilakukan di daerah-daerah yang rawan konflik. Sementara, lanjut Retno, beberapa wilayah yang tenang belum diperlukan evakuasi, seperti di daerah timur Yaman.

Kemlu sendiri akan mengirimkan diplomat-diplomat muda yang pernah ditempatkan di Yaman serta mampu berbahasa Arab untuk membantu proses evakuasi. Persiapan penurunan staf tambahan ke Yaman juga sudah dilakukan.

"Jadi semua personel yang akan kita turunkan sudah kita persiapkan semua, jadi saat deployment sudah tidak bertanya lagi karena sudah tahu medan dan biasa dengan kondisi yang sangat dinamis serta menguasai bahasa," ujar Retno.

Retno melanjutkan, pihak KBRI di Sanaa juga masih terus berupaya untuk membebaskan 21 WNI yang ditahan pihak pemberontak Houthi. Informasi awal, kata dia, adalah karena masalah keimigrasian.

"Kami sudah coba dapat akses masuk untuk menanyakan detail, sampai sekarang belum dapat informasi. Tapi kita akan terus lakukan komunikasi dengan otoritas setempat untuk mendapatkan informasi yang jelas, kondisi dan dimana mereka berada," jelas Retno.
 Credit  CNN Indonesia