Jumat, 27 Maret 2015

JK Bantah Cina Klaim Natuna


Wakil Presiden Jusuf Kalla
Wakil Presiden Jusuf Kalla

CB, JAKARTA-- Wakil Presiden Jusuf Kalla membantah Cina telah mengklaim kepulauan Natuna, Kepulauan Riau masuk dalam wilayah kedaulatannya.
"Kapan itu? Kita tidak ada klaim. Yang diklaim itu di atasnya Natuna, bukan di Natunanya," kata JK di Istana Wapres, Jakarta, Kamis (26/3).
Menurut Kalla, perebutan wilayah oleh Cina memang tengah terjadi dengan sejumlah negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Taiwan. Namun, Indonesia tak termasuk negara yang ikut bersengketa.
"Ya karena jauh dari Cina. Itu yang diklaim itu yang berdekatan. Kita kan jauh. Tidak lah (tidak diklaim). Yang mereka klaim itu ialah hanya Cina, Vietnam, Filipina, Taiwan. Itu saja. Kita tidak," jelas dia.
Saat kunjungan kenegaraan ke Jepang, Presiden Jokowi meminta Cina untuk lebih bijak dalam menghadapi sengketa Laut Cina Selatan. Dalam peta Cina, negeri tirai bambu tersebut menggambar sembilan titik wilayah baru di Kepulauan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Indonesia pun telah mengajukan protes keberatan terkait peta tersebut pada 2009 silam ke Komisi Landas Kontinen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Selama ini, konflik Laut Cina Selatan telah melibatkan enam negara, yakni Malaysia, Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam, Cina dan Taiwan.


Credit  REPUBLIKA.CO.ID