Kamis, 26 Maret 2015

Rusia Pamer Tank Tempur Armata Terbaru Via Internet



Rusia Pamer Tank Tempur Armata Terbaru Via Internet
 Tank Rusia di tengah musim dingin, tank Rusia sangat terkenal dengan kekuatan dan jumlah tank yang banyak. Mereka berasal dari kesatuan 4th Guards Kantemirovskaya Tank Division, poligon Alabino, Moskow, Rusia dalam rangka pelatihan menembak tank. 29 Januari 2015. Gleb Schelkunov/ Getty Images


CB, Moskow - Sebuah video menunjukkan tank tempur Armata terbaru, model T-14, jenis tank tempur utama Federasi Rusia muncul di Internet pada Senin, 23 Maret 2015. Tank ini terekam sedang berada di sebuah stasiun kereta di mana pasukan tempur Rusia “the-art tank” sedang diangkut ke Moskow untuk melaksanakan parade pada Hari Kemenangan atas pertempuran pasukan bersenjata Rusia melawan tentara Nazi.

Media resmi Rusia Sputnik News mengidentifikasi tank dalam video tersebut sebagai tujuh model tank yang didesain secara khas, yang dapat terlihat pada hanya beberapa tank tempur utama.

Video ini diunggah ke YouTube oleh pengguna bernama Alexander Smirnov, yang merekam gambar itu di sebuah lokasi yang dirahasiakan dengan menggunakan kamera video genggam dari kursi pengemudi kendaraan.

Jenis tank dalam video itu belum diverifikasi. Namun Oleg Siyenko, Direktur Jenderal Uralvagonzavod, yang mengembangkan sistem Armata T-14 membuat penegasan. "Seluruh keluarga kendaraan lapis baja dengan corak dan model Armata akan ditampilkan tahun ini pada parade Hari Kemenangan," ujar Siyengko kepada Itar-Tass. Rusia memperingati Hari Kemenangan setiap tanggal 9 Mei.

Banyak analis militer yang mengklaim bahwa tank tersebut adalah tank T-14. Namun beberapa yang lain berpendapat sebaliknya. Mereka menyebutnya sebagai tank Jerman Leopard-1 yang telah dimodifikasi.

Uralvagonzavod mengembangkan tank Armata selama lima tahun mulai tahun 2009. Tank Armata adalah tank fleksibel yang memungkinkan berbagai bentuk senjata ditempatkan di atasnya, seperti pengangkut personel lapis baja atau senapan artileri otomatis.

T-14 adalah versi tank tempur utama dari Armata dengan fitur senapan 125 milimeter yang dikendalikan dari jarak jauh. Tank ini tidak berawak karena semua personel mengoperasikan tank di luar dari ruang kemudi kapsul yang biasa ditemukan dalam kendaraan lapis baja.

Sebuah opini di Sputnik News mengklaim T-14 "setara" dengan tank M1A2 Abrams Amerika dan Leopard Jerman 2, yang keduanya adalah tank yang paling canggih dari AS dan Jerman yang beroperasi saat ini.

Prototipe dari tank ini pernah ditampilkan pada awal September 2013, dan sejumlah produksi pertama dari sekitar dua lusin atau lebih T-14 dijadwalkan akan dikirimkan ke militer Rusia akhir tahun ini. Angkatan bersenjata Rusia kemungkinan akan melakukan uji coba atas tank T-14 sepanjang 2016. Angkatan Darat Rusia berencana membeli 2.300 kendaraan Armata berbasis pada tahun 2020, yang diperkirakan akan menggantikan sekitar 70 persen dari semua armada lapis baja mereka saat ini.




Credit  TEMPO.CO