Jumat, 27 Maret 2015

Jepang Memiliki Kapal Perang Terbesar, Cina Khawatir


Jepang Memiliki Kapal Perang Terbesar, Cina Khawatir
dok. TEMPO/Panca Syurkani

CB, Jakarta - Angkatan Laut Jepang dilaporkan telah menerima kapal perang terbesar sejak Perang Dunia II. Kapal yang bernama Izumo itu telah diresmikan pada upacara di pangkalan AL Jepang di Yosuka, Yokohama.

Izumo memiliki 470 awak dan daya muat 19.500 ton (24.000 ton pada beban penuh). Menurut publikasi militer, kapasitas itu lebih besar daripada kapal induk Yamato yang digunakan AL Jepang pada Perang Dunia II.

Kapal tersebut memiliki panjang 241 meter (791 kaki). Sedangkan tingginya 51 meter (167 kaki) atau lebih panjang daripada Hyuga, sebuah kapal perang AL Jepang pengangkut helikopter dan pesawat.

Kehadiran Izumo telah membuat khawatir negara tetangganya, Cina.

"Izumo membuktikan bahwa Jepang memiliki kemampuan teknis dan permintaan untuk mengembangkan kapal induk. Ada juga kemungkinan Jepang menggunakan Izumo untuk mengeksplorasi," ujar Li Jie, ahli militer yang berbasis di Beijing, kepada surat kabar pemerintah Global Times, seperti dilansir CNN pada 26 Maret 2015.

Namun Menteri Pertahanan Jenderal Nakatani menuturkan kepada wartawan di Yokohama bahwa dia tidak berniat menggunakannya untuk tuduhan tersebut.

"Kami tidak berpikir menggunakan ini sebagai sebuah kapal induk," katanya. Dia menyatakan Izumo bisa menjadi tuan rumah operasi gabungan dan bertindak sebagai pusat komando. Dia bersikeras bahwa kapal itu dirancang untuk tujuan damai.

"Kapal dapat melayani dalam berbagai peran, termasuk operasi penjaga perdamaian, bantuan bencana internasional, dan bantuan kemanusiaan," ujarnya.



Credit  TEMPO.CO