Selasa, 31 Maret 2015

Jarang ke Luar Negeri, Kim Jong-un Hadiri KAA di Bandung


Jarang ke Luar Negeri, Kim Jong-un Hadiri KAA di Bandung
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, tersenyum saat menyaksikan roket-roket yang diluncurkan saat latihan di Pyongyang, 21 Februari 2015. REUTERS/KCNA

CB, Bandung - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Mochammad Iriawan mengatakan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un dipastikan menghadiri peringatan Konferensi Asia Afrika ke-60 di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April 2015. Menurut Iriawan, kedatangan Kim Jong-un tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi Indonesia.

“Berdasarkan informasi terakhir, 90 persen Presiden Korea Utara dan pemimpin RRC hadir. Mereka jarang sekali keluar dari sarangnya,” ujar Iriawan seusai acara tatap muka bersama pemimpin redaksi dan kepala biro media massa di Bandung, Senin, 30 Maret 2015.

Terkait dengan konfirmasi kehadiran Kim Jong-un, Iriawan mengatakan, pihak keamananan akan memberikan keamanan ekstra bagi putra mantan pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-il tersebut. Pasalnya ancaman terhadap Kim Jong-un sangat besar, karena ia merupakan pemimpin yang kontroversial.

Selain Kim Jong-un, pemimpin Taiwan, Ma Ying-jeou, pun sudah mengkonfirmasi akan hadir. Seperti Kim Jong-un, Ma Ying-jeou pun akan mendapatkan pengamanan cukup ketat. Namun, Iriawan katakan, semua kepala negara yang hadir akan mendapatkan prioritas keamanan yang sama.

“Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ini akan menjadi sesuatu yang akan membuat citra Bandung menjadi jelek,” kata Iriawan.

Sekitar 9.700 personel gabungan dari Polri dan TNI AD akan dikerahkan saat perayaan puncak KAA di Bandung. Selain itu, 30 penembak runduk akan ditempatkan di beberapa titik di kawasan Gedung Merdeka.

Iriawan mengatakan, saat perayaan puncak digelar, Kota Bandung akan disterilkan, terutama di ring satu di kawasan Gedung Merdeka. Selain itu, pengamanan ketat pun akan dilakukan di sejumlah bandara dan jalan tol yang melintasi Kota Bandung.

Acara peringatan Konferensi Asia Afrika sendiri akan dihelat pada 19-24 April 2015 di Jakarta dan Bandung. Sekitar 109 kepala negara dijadwalkan hadir dalam perhelatan negara se-Asia dan Afrika ini.


Credit  TEMPO.CO