Selasa, 31 Maret 2015

Indonesia Terus Dorong Deklarasi Dukungan Palestina



Kepala Kepala Staf Kepresidenan  Luhut Binsar Pandjaitan
Kepala Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan

CB, JAKARTA -- Indonesia terus mendorong penyelesaian deklarasi dukungan untuk Palestina yang akan dilahirkan dalam peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta dan Bandung pada April mendatang.

Penanggung jawab KAA Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, hingga saat ini draft dukungan tersebut masih dibahas oleh perwakilan Indonesia di New York.

"Masih di bahas, saya belum tahu perkembangan terakhir, tapi itu menjadi usulan dari pemerintah Indonesia dan itu janji presiden," ujarnya di Kantor Presiden, Selasa (31/3).

Meski demikian, sambung Luhut, dari 109 negara-negara di Asia dan Afrika, tak semua mendukung kemerdekaan Palestina. Akan tetapi, dia menyebut posisi Indonesia sangatlah jelas. Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia akan terus mendorong deklarasi tersebut agar Palestina menjadi negara merdeka dan masuk menjadi anggota PBB.

"Kementerian Luar Negeri kita masih melobi itu. Mudah-mudahan bisa kita capai," ucap dia.

Adapun mengenai pelaksanaan KAA, Luhut mengatakan hingga saat ini sudah ada lebih dari 25 kepala negara menyatakan akan hadir. Jumlah tersebut, kata dia, terus bertambah dari hari ke hari.

Peringatan KAA ke-60 tahun ini, lanjut Luhut, diharapkan dapat semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu negara dengan ekonomi terkuat di dunia.

"Kita ingin menunjukan bahwa Indonesia dari tahun 1955 sampai sekarang ini menunjukan kepemimpinannya. Kita masuk menjadi negara 16 besar ekonomi dunia dan berpotensi untuk lebih maju lagi, mungkin ke-6 atau ke-7 dalam sepuluh sampai lima belas tahun ke depan," kata Luhut.

Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah peringatan ke-60 KTT Asia Afrika. Forum berskala internasional tersebut akan digelar dalam dua sesi. Sesi pertama akan berlangsung di Jakarta pada 19 sampai 23 April. Adapun sesi kedua, yakni acara peringatannya akan digelar di Bandung pada 24 April.

KTT Asia-Afrika akan melahirkan deklarasi dukungan untuk Palestina, Pesan Bandung dan deklarasi untuk menghidupkan kembali New Asian-African Strategic Partnership (NAASP).


Credit  REPUBLIKA.CO.ID