Selasa, 03 Maret 2015

Google Bikin Titan Drone, Robot Penyebar Layanan Internet


Titan akan melakukan uji coba penerbangan tahun ini (techcrunch)
Titan akan melakukan uji coba penerbangan tahun ini (techcrunch)
CB: Senior Vice President Google Sundar Pichai mengatakan, Titan, drone yang dibeli Google pada April tahun lalu, akan menjalani tes penerbangan pertamanya pada tahun ini. Google membeli Titan Aerospace, perusahaan yang membuat drone ini setelah mendengar kabar bahwa Facebook juga berminat membelinya.

Baik Google dan Facebook tertarik pada kemampuan drone untuk tetap berada di udara untuk waktu yang lama tanpa menghabiskan banyak energi. Keduanya juga tertarik dengan kemampuan drone untuk memberikan konektivitas internet pada orang-orang yang berada di bawahnya.

Seperti yang dilansir dari The Verge, Pichai mengatakan, proyek Titan sekarang ini berada pada fase Proyek Loon, balon yang diiterbangkan pada ketinggian tinggi beberapa tahun lalu. Tim Titan sedang membangun sebuah drone berbodi super ringan yang ditenagai cahaya matahari yang akan dapat diterbangkan ke stratosfer.

Titan dapat digunakan untuk memberikan layanan internet pada daerah tertentu, memberikan bandwidth ekstra pada layanan internet yang sudah ada atau memberikan layanan internet di daerah yang secara tiba-tiba kehilangan koneksi internet, daerah yang terkena gempa bumi atau bencana alam lain, misalnya.

Proyek Loon dan Titan dapat saling melengkapi, sehingga terciptalah apa yang Pichai sebut sebagai sekumpulan menara selular yang melayang di udara. Meski balon adalah sesuatu yang sulit untuk dikendalikan atau untuk memberikan layanan internet di daerah yang luas, drone Titan dapat digunakan untuk memberikan layanan di daerah-daerah tertentu yang memang membutuhkannya.

Google berencana untuk bekerja sama dengan perusahaan yang memberikan layanan internet, sehingga masyarakat mendapat akses yang baik. Pichai mengatakan, proyek ini diharapkan akan dapat membuat kurang lebih 4 miliar orang dapat saling terhubung.


Credit  Metrotvnews.com