Senin, 16 Maret 2015

11 Negara Siap Kirim Senjata ke Ukraina


11 Negara Siap Kirim Senjata ke Ukraina
Kiev dikabarkan siap menerima suplai senjata, alat-alat militer dan penasihat militer untuk membantu mereka mengalahkan separatis pro-Rusia.. Foto: Reuters
 
KIEV  (CB) - Di tengah gencatan senjata yang sedang berlangsung, pemerintah Ukraina tiba-tiba membuat langkah yang mengejutkan. Kiev dikabarkan siap menerima suplai senjata, alat-alat militer dan penasihat militer untuk membantu mereka mengalahkan separatis pro-Rusia.

Melansir Russia Today pada Minggu (15/3/2015), kepastian akan adanya pengiriman senjata ini disampaikan langsung oleh Presiden Ukraina, Petro Poroshenko dalam sebuah pernyataan di situs kepresidenan Uraina, semalam.

"Kepala negara telah mengkonfirmasi bahwa Ukraina memiliki perjanjian dengan beberapa negara Uni Eropa (UE) mengenai pengiriman senjata, termasuk senjata berat. Dia juga mengatakan bahwa UE telah menghapus embargo pengiriman senjata ke Ukraina," bunyi pernyataan tersebut.

Dengan dicabutnya embargo, maka akan  memungkinkan, bukan hanya negara UE tapi juga Amerika Serikat (AS) untuk mengirimkan banyak senjata dan alat militer kepada Ukraina. Menurut Poroshenko, berdasarkan perjanjian yang dicapai pengiriman senjata akan dilakukan jika pertempuran kembali pecah di Ukraina timur.

"Jika ada babak baru dalam pertempuran di Ukraina, saya menjamin bahwa kita akan menerima senjata dan juga dukungan, berupa sanksi kepada agresor. Kita akan bertindak secara tegas dan teroganisir," imbuhnya.

Sementara itu, Poroshenko juga tidak menutupi fakta bahwa pihaknya melakukan latihan militer intensif pada masa gencatan senjata kali ini. Dalam pandanganya, latihan ini diperlukan jika suatu waktu separatis mulai kembali membuka front pertempuran.


Credit SINDOnews