Senin, 05 Februari 2018

Perundingan Koalisi Jerman Masih Alot


Perundingan Koalisi Jerman Masih Alot
Perundingan Koalisi Jerman Masih Alot. (Istimewa).


BERLIN - Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan kubu konservatif menghadapi negosiasi sulit dengan Partai Sosial Demokrat (SPD), kemarin, saat kedua pihak berupaya membentuk koalisi pemerintahan.

Tidak jelas kapan dua kubu itu dapat mengakhiri perundingan koalisi tersebut. Lebih dari empat bulan setelah pemilu nasional, Jerman mengalami krisis politik sehingga mengkhawatirkan investor dan negara-negara mitra di Uni Eropa (UE). Apalagi saat ini UE menghadapi sejumlah isu penting seperti proses keluarnya Inggris dari blok itu dan reformasi zona euro yang harus segera diputuskan.

Kubu konservatif dan SPD telah menetapkan batas waktu, kemarin, untuk menyepakati “koalisi besar” pemerintahan tapi para politisi menyatakan perundingan dapat terus berlangsung hingga hari ini atau Selasa (6/2). Bahkan kemudian, para anggota SPD masih harus menyetujui kesepakatan apapun yang dibuat.

“Belum mungkin mengatakan berapa lama ini akan berlangsung, kami melakukan pekerjaan bagus kemarin tapi masih ada isu-isu penting yang perlu diselesaikan,” kata Merkel yang telah menjabat selama 12 tahun, sebelum mengikuti lagi negosiasi selanjutnya.

Partai-partai telah mencapai kesepakatan untuk isu energi dan pertanian pada Sabtu (3/2/2018) tapi harus kembali membahas isu layanan kesehatan. Merkel menambahkan, “Saya mengikuti perundingan dengan niat baik hari ini, tapi saya juga memperkirakan kami akan menghadapi negosiasi sulit.”

Ketua SPD Martin Schulz menjelaskan, pihak-pihak yang bertentangan telah mendekat pada banyak isu dalam beberapa hari terakhir tapi tetap sulit memenuhi permintaan partainya untuk menghapus kontrak berjangka tetap untuk para pekerja.


Credit  sindonews.com