Senin, 23 Oktober 2017

Setidaknya 52 Orang Tewas dalam Baku Tembak di Mesir


Setidaknya 52 Orang Tewas dalam Baku Tembak di Mesir 
Ilustrasi. Aparat keamanan Mesir kerap menjadi target serangan kelompok militan. (Reuters/Mohamed Abd El Ghany)



Jakarta, CB -- Setidaknya 52 orang polisi dan peserta wajib militer Mesir tewas sementara enam lainnya tewas dalam baku tembak pada Jumat (20/10).

Insiden itu terjadi dalam operasi penggerebekan persembunyian militan di wilayah barat Mesir.

Sebelumnya pada Jumat malam, setidaknya 30 polisi dilaporkan tewas. Pernyataan kementerian dalam negeri Mesir sebelumnya tidak mengungkap detail soal korban jiwa.



Sumber keamanan mengatakan bahwa aparat sedang melacak kamp militan di wilayah gurun, yang dipercaya merupakan tempat persembunyian delapan anggota Gerakan Hasm. Kelompok ini sebelumnya mengklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap polisi dan hakim di Kairo.

Konvoi yang terdiri dari empat SUV dan sebuah kendaraan kementerian dalam negeri diserang oleh granat berpelucur roket dan alat peledak.



Mesir kerap menghadapi serangan dari kelompok pemberontak Islam di Semenanjung Sinai, termasuk ISIS dan Gerakan Hasm. Akibatnya, ratusan orang dinyatakan tewas sejak 2013.

Adalah kelompok Ansar al-Maqdis yang menyatakan berbaiat kepada ISIS pada 2014. Mereka biasanya menyerang polisi dan apart bersenjata, namun juga kerap menyerang warga Kristen Mesir dan wisatawan.







Credit  cnnindonesia.com