Senin, 09 Maret 2015

Maling Surat Michelangelo Minta Tebusan Rp 1,4 M ke Vatikan


Maling Surat Michelangelo Minta Tebusan Rp 1,4 M ke Vatikan
Pemandangan lapangan Saint Peter's saat Paus Fransiskus memimpin misa di Vatikan, Minggu (28/4). REUTERS/Alessandro Bianchi

CB, Vatikan -Pimpinan Gereja Katolik Vatikan menerima tuntutan pembayaran uang tebusan oleh seorang pencuri dua surat yang ditulis tangan oleh Michelangelo, maestro pelukis aliran Renaissance. Surat-surat itu hilang sekitar 20 tahun lalu.

Juru bicara Vatikan Pastor Frederico Lombardi mengatakan kardinal yang bertanggung jawab pada pengelolaan gereja St Peter menerima telepon dari seseorang baru-baru ini. Si penelepon mengaku akan mengembalikan dokumen Michelangelo asalkan diberi uang tebusan sebesar 100 ribu euro atau setara Rp 1,4 miliar.

Seperti dikutip dari ABC, 9 Maret 2015, Vatikan menolak membayar tebusan yang diminta orang tak dikenal itu. "Kardinal menolaknya karena dokumen itu dicuri," kata Lombardi.
Dua surat Michelangelo yang dicuri itu salah satunya berupa disain untuk melukis Kapel Sistine dan pahatan patung David dan Peter yang belum dipublikasikan hingga sekarang. Michelangelo menandatangani surat itu berkisar pada tahun 1475-1564.

Vatikan belum pernah mempublikasikan hilangya dokumen Michelangelo itu hingga munculnya tuntutan uang tebusan untuk mengembalikannya baru-baru ini.

Hilangnya dokumen itu, menurut Lombardi, telah disampaikan secara resmi oleh seorang biarawati yang bertugas di arsip Vatikan pada tahun 1997.

Polisi Vatikan bersama polisi Italia akan menyelidiki hilangnya surat berharga itu. Pembangunan kompleks Gereja St Peter dan Basilicia menghabiskan waktu 100 tahun.


Credit  TEMPO.CO