Jumat, 06 Maret 2015

Memalukan, Kantor Intelijen Jerman Terkena 'Skandal Watergate'



Memalukan, Kantor Intelijen Jerman Terkena 'Skandal Watergate' - jerman1.jpg
Inilah sebagian gedung baru BDN di Berlin yang belum selesai pengerjaannya


BERLIN (CB) - 'Skandal Watergate' menguncang gedung baru Dinas Rahasia Jerman, Bundesnachrichendienst (BDN) di Berlin! Bukan Skandal Watergate sungguhan, melainkan sebuah insiden paling memalukan dalam sejarah intelijen Jerman. Beberapa lantai gedung baru BDN, Selasa (3/3), diketahui kebanjiran akibat seseorang masuk ke markas dan mencuri keran air di beberapa kamar mandi gedung.
Untuk memperbaiki kerusakan ini harus mendatangkan seorang ahli saluran pipa air yang diperkirakan akan memerlukan ongkos jutaan euro.

Polisi sedang menyelidiki bagaimana seseorang berhasil mendapatkan akses ke gedung, tanpa diketahui oleh siapapun. Apa ada kecerobohan besar di bidang sekuriti, sehingga kantor paling bergengsi dan sangat rahasia di Jerman ini begitu mudah dimasuki orang.

Beberapa analisis menyebutkan barangkali ini ulang kontra intelijen Jerman, tetapi rupanya hanya ulah seorang pencuri kecil yang ingin mencuri perkakas kamar mandi. Insiden ini ditemukan pada Selasa (3/3), setelah ditemukan air mengalir ke seluruh ruang gedung.

Diduga pencuri masuk melalui tingkat atas bangunan yang sebagian besar kosong, pelaku lalu mencuri keran kamar mandi dari beberapa lantai berbeda. "Karena pipa tekanan, air pun merembes melewati langit-langit, dan menghancurkan pintu, kabel listrik dan perangkat keamanan lainnya," kata seorang juru bicara polisi koran Bild.

Saat ini BND sedang membangun markas yang baru yang sianggap sudah usang. Bangunan baru yang luas sedang dibangun, sehingga dinas intelijen akhir pindah ke Berlin dari Pullach, pinggiran kota kecil Munich disitu intelijen Jerman Barat bermarkas selama Perang Dingin.

Tapi biaya pembangunan gedung baru naik tajam menjadi sekitar 900.000.000 euro dari perencanaan awal, ditambah ongkos relokasi yang diperhitungkan dalam tagihan akhir mencapai 1.300.000.000 (sekitar Rp 15,6 triliun)

Rancang bangun gedung rahasia itu diketahui tahun 2011, dikhawatirkan telah dicuri oleh dinas intelijen saingan atau oleh geng kriminal bisa memiliki akses ke informasi keamanan penting tentang bangunan.


Credit Tribunnews