Rabu, 18 Februari 2015

Rapat Soal KAA, Jokowi Singgung Dukungan Deklarasi Palestina


Rapat Soal KAA, Jokowi Singgung Dukungan Deklarasi Palestina  
Dalam peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika April mendatang akan dibahas formula-formula soal dukungan deklarasi kemerdekaan Palestina. (Antara Foto/Andika Wahyu/pd/15)
 
 
Bogor, CB -- Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas soal persiapan pelaksanaan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA). Dalam rapat tersebut, Presiden sempat menyinggung soal dukungan deklarasi kemerdekaan Palestina.

"Yang jelas tentu saja dukungan politik terhadap Palestina, juga dukungan-dukungan lainnya yang diberikan selama ini, termasuk capacity building," ujar Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Muhammad Fachir di kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (17/2).

Fachir menyatakan, nantinya akan ada formula-formula yang akan dibahas antara negara-negara Asia Afrika soal dukungan deklarasi kemerdekaan Palestina ini.

"Nanti akan ada formula-formula. Itulah yang akan dibahas," kata dia. Fachir menyebutkan, dalam rapat tersebut Jokowi juga membahas soal Pesan Bandung mengenai sejauh mana kemajuan yang telah dicapai oleh negara-negara Asia Afrika selama 60 tahun terakhir.

"Pesan Bandung itu lebih menyeluruh, lebih kepada makro, lebih kepada sesuatu yang lebih visioner, yang konkret, kerja sama yang bisa dilakukan negara-negara Asia Afrika," kata Fachir.

Tak hanya itu, Fachir menyampaikan, Presiden juga mengangkat soal strategi kerja sama untuk memajukan negara-negara di Asia Afrika melalui New Asian African Strategic Partnership (NAASP).

Kegiatan peringatan KAA dan NAASP akan diselenggarakan pada April 2015. Kegiatan tersebut terdiri atas dua segmen besar. Segmen pertama adalah Konferensi Tingkat Tinggi Negara Asia-Afrika yang akan digelar di Jakarta pada 19-23 April 2015. Sedangkan segmen kedua, yaitu segmen peringatan yang akan dilakukan di Bandung pada 24 April 2015.

Credit   CNN Indonesia