Selasa, 24 Februari 2015

Presiden Yaman Batal Mengundurkan Diri


Presiden Yaman Batal Mengundurkan Diri


ADEN (CB) – Presiden Yaman yang telah digulingkan pemerintahannya oleh militan Houthi, Abed Rabbo Mansour Hadi, telah menarik surat pengunduran dirinya dan telah bertemu dengan penasihat keamanan senior dan para gubernur di kota kelahirannya, Aden.

Salah seorang anggota parlemen mengatakan, Hadi telah mengajukan surat kepada majelis untuk menarik pengunduran dirinya sebagai Presiden Yaman. Sebelumnya, Hadi sempat melepaskan jabatannya setelah kelompok Houthi dan Syiah berhasil menguasai Istana Kepresidenan Yaman dan mengambil alih pemerintahan.

“Dia telah bertemu dengan penasihat keamanan senior dan juga gubernur di daerah selatan Kota Aden. Dia juga akan bertemu gubernur lain dari wilayah utara. Banyak provinsi di utara telah mengumumkan kesetiaannya kepada Hadi,” ujar wartawan Mohammed Vall, yang melaporkan langsung dari Kota Aden, seperti dilansir Al Jazeera, Selasa (24/2/2015).

Banyak warga Yaman telah menyatakan protes terhadap pemerintahan yang dibuat kelompok Houthi. Di Kota Sanaa, ribuan demonstran berbaris di depan kediaman Hadi dan memberikan dukungan. Di Taiz, pusat kota Yaman, pengunjuk rasa juga mendesak Hadi untuk mengusir kelompok Houthi dan melanjutkan pemerintahan di Sanaa.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Hadi dilaporkan telah melarikan diri dari Sanaa, ibu Kota Yaman, setelah dijadikan tahanan rumah oleh kelompok Houthi dan Syiah selama sebulan.



Credit Okezone