Senin, 23 Februari 2015

Mumi Berusia 1.000 Tahun Ditemukan dalam Patung Buddha


Mumi Berusia 1.000 Tahun Ditemukan dalam Patung Buddha Kelompok peneliti dari Meander Medical Center, Belanda, melakukan pemindaian terhadap sebuah patung Buddha dan menemukan mumi guru Buddha bernama Liuquan di dalamnya. (Jan van Esch/Meander Medical Center)
 
 
Amersfoort , CB -- Kelompok peneliti dari Meander Medical Center, Belanda, melakukan pemindaian terhadap sebuah patung Buddha yang berasal dari abad ke-11 atau 12 dan menemukan mumi di dalamnya.

Diberitakan RT pada Minggu (22/2), dalam hasil komputasi tomografi, terlihat rangka manusia tersebut bersinar di dalam siluet patung.

Menurut hasil uji DNA, rangka tersebut merupakan tubuh dari guru Buddha bernama Liuquan yang dimumikan. Hasil penelitian ini juga akan dilansir dalam monografi mengenai Liuquan yang dirilis dalam waktu dekat.

Temuan ini dianggap sebagai sebagai satu-satunya sumber riset semacam ini di dunia barat. Dokter ahli gastrointestinal dan hati, Reinoud Vermeijden, dan ahli radiologi, Ben Heggelman, menyatakan bahwa ini adalah pasien tertua mereka.

Para dokter juga melakukan endoskopi terhadap mumi tersebut dan mengatakan bahwa penemuan ini sangat unik. Di tengah organ yang membusuk, mereka menemukan potongan kertas dengan guratan huruf Tiongkok kuno.

Patung ini sebelumnya diboyong dari tempat pameran di Museum Drent, Belanda, untuk dites secara medis. Kini, patung tersebut telah diterbangkan ke Museum Nasional Sejarah Alam di Budapest, Hungaria, untuk dipamerkan hingga Mei mendatang.

Credit  CNN Indonesia