Senin, 23 Februari 2015

Ke Tanjung Lesung, Presiden Jokowi Akan Resmikan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata


Kompas.com/Kurnia Sari Aziza
Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Presiden Joko Widodo, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, dan Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi saat meninjau Kali Tunjungan, Jakarta Utara, Rabu (18/2/2015).




BANTEN, CB - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (23/2/2014). Dalam kunjungannya, Presiden akan meresmikan beroperasinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung Provinsi Banten.

Berdasarkan jadwal yang diterima, Presiden Joko Widodo dijadwalkan berangkat dari Bogor dengan menggunakan helikopter pada pukul 09.00 WIB dan langsung menuju lokasi peresmian di kawasan Wisata Tanjung Lesung Kecamatan Panimbang, Pandeglang.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Presiden akan meresmikan tanda dimulainya operasional KEK Tanjung Lesung dan menyaksikan penandatanganan MoU antara JABABEKA-BWJ dengan para investor.

KEK Pariwisata Tanjung Lesung yang dibangun di kawasan wisata pantai ini menjadi Desain Induk Pariwisata Kota Air tahun 2020 seperti di Venesia Italia. Kawasan Tanjung Lesung merupakan objek wisata andalan Provinsi Banten, selain objek wisata lainnya seperti Pantai Carita.

Kawasan ini memiliki "culture heritage" karena lokasinya berdekatan dengan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Gunung Anak Krakatau, dan Pulau Umang.

KEK Pariwisata itu akan dibangun pada areal seluas 1.300 hektare, di dalamnya akan dibangun berbagai sarana dan prasarana pendukung kepariwisataan termasuk hotel dengan berbagai kelas, sekolah menengah kejuruan pariwisata, dan sarana pendukung lainnya.




Credit  KOMPAS.com